JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Pendidikan Geografi FKIP UNS Gelar Bootcamp “Teknik Analisis Regional” Bersama Dr Luthfi Muta’ali

Dr Luthfi Muta’ali, S.Si, M.SP menerima sertifikat sebagai pembicara dalam Bootcamp “Teknik Analisis Regional” yang digelar Prodi S2 Pendidikan Geografi FKIP UNS Surakarta | Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Prodi S2 Pendidikan Geografi FKIP UNS Surakarta menggelar Bootcamp mengusung tema “Teknik Analisis Regional untuk Penelitian Skripsi & Tesis”, Jumat (26/4/2024).

Acara yang berlangsung di aula Gedung A tersebut dihadiri oleh mahasiswa program studi Pendidikan Geografi jenjang S1 dan S2.

Ketua Prodi S2 Pendidikan Geografi FKIP UNS Surakarta, Dr Rita Noviani, S.Si, M.Sc menjelaskan, kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa S1 dan S2 Pendidikan Geografi FKIP UNS dalam melakukan penelitian terutama pada tema-tema analisis regional.

“Kegiatan ini mendapat antusiasme yang besar dari para mahasiswa dan dosen,” ungkapnya, sebagaimana dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Prodi Pendidikan Geografi FKIP UNS, demikian Rita, berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat dan pembangunan wilayah.

Baca Juga :  71 Mahasiswa DKV ISI Surakarta Gelar Aneka Ragam Karya di Rumah Banjarsari

Kegiatan Bootcamp itu menghadirkan Dr Luthfi Muta’ali, S.Si, M.SP sebagai pembicara. Dia adalah dosen Departemen Geografi Pembangunan serta dosen Magister Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Magister Manajemen Bencana Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dr Lutfi menjelaskan seputar teknik analisis yang diperlukan dalam penelitian skripsi dan tesis mencakup berbagai tipologi data dan variabel dalam penelitian.

Dalam acara itu, peserta diajak memahami berbagai aspek penting dalam menganalisis wilayah. Mulai dari kependudukan dan perekonomian wilayah hingga daya dukung lingkungan untuk perencanaan wilayah.

Dengan membahas contoh-contoh kasus dan metode analisis yang relevan, para peserta diberikan wawasan yang mendalam untuk mengembangkan penelitian mereka di bidang geografi.

Baca Juga :  Mahasiswa dan Dosen Politeknik Santo Paulus Ini Sukses Ciptakan Alat Seduh Kopi dari Gerabah, Sudah Paten dan Digunakan di Sejumlah Kedai Kopi

Salah satu sorotan utama dari bootcamp ini adalah penerapan teknik analisis regional dalam konteks pembangunan berkelanjutan, dengan penekanan pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Diskusi juga membahas pentingnya layanan data sekunder dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan metadata dalam penelitian statistik dasar.

Bootcamp “Teknik Analisis Regional untuk Penelitian Skripsi & Tesis” ini memberikan kontribusi yang berharga bagi mahasiswa dan peneliti dalam pengembangan pengetahuan dan keterampilan dalam menganalisis wilayah secara menyeluruh.

Sebelumnya, dalam kata sambutan, Wakil Dekan I Bidang Akademik, Riset dan Kemahasiswaan FKIP UNS berharap, dengan meningkatnya kemampuan mahasiswa dalam analisis regional, akan mampu menunjang penyusunan tugas akhir mahasiswa.

Kegiatan itu dihadiri oleh 134 mahasiswa Pendidikan Geografi jenjang S1 dan S2. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com