JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Pertama di Sragen, Desa Ngrombo Plupuh Memiliki Program Jumat Berkah Masak Bareng-Bareng di Kantor Desa Lalu Paket Makanan Dibagikan Pada Warga di 9 Masjid. Sekali Masak Bisa Menghabiskan Biaya 8 -10 Juta Rupiah

masyarakat di Desa Ngrombo, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah mendapat paket makan buka puasa gratis dari Tim Jumat Berkah (Jumber) Desa Ngrombo || Huri Yanto
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Berkah bulan Suci Ramadhan 1445 H, sejumlah masyarakat di Desa Ngrombo, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah mendapat paket makan buka puasa gratis dari Tim Jumat Berkah (Jumber) Desa Ngrombo, program makan gratis itu digagas langsung oleh kepala Desa Ngrombo Drs.H. Gianto, M.Pd sejak dilantik sebagai Kades beberapa bulan lalu, program makan gratis disetiap masjid itu juga bekerjasama dengan masyarakat dan para perantau bersedekah untuk dimasak bersama dan dibagikan pada masyarakat.

Kepala Desa Ngrombo Drs.H. Gianto, M.Pd || Huri Yanto

Ditemui JOGLOSEMARNEWS.COM Kades Ngrombo Gianto mengatakan bahwa program buka bersama dengan warga itu kelanjutan dari program Jumat Berkah dan Jumat berbagi untuk masyarakat Ngrombo berkat kerjasama masyarakat dan para perantau menyisihkan dana untuk berbagi.

“Kegiatan di Desa Ngrombo yakni Jumat berkah Jumat berbagi untuk masyarakat Ngrombo, biasanya dilaksanakan makan bersama setelah sholat Jumat. Namun di bulan Romadhon ini teman teman pengurus melaksanakan Jumat berkah ini dikemas dengan buka bersama, sejak tadi sore kegiatan luar biasa dan dihadiri masyarakat diatas 400 orang,” kata Gianto Jumat (29/3/2024).

Selain itu menurut Kades Ngrombo selain Jumat Berkah dan Jumat berbagi juga menyediakan Wifi Internet gratis bagi masyarakat dengan ditaruh beberapa titik kumpul warga, dari beberapa kegiatan itu didapatkan dari sumber dana diluar dana desa.

Baca Juga :  Jelang Pilkada Sragen 2024,  Dokter Ismail Joko Sutresno Resmi Kembalikan Formulir Pendaftaran ke DPD PAN

“Insya’allah dari kegiatan Jumat berkah itu sumber dananya dari masyarakat kami yang ingin berbagi sedekah dengan membagikan uang maupun barang seperti beras, cabai, bawang, ayam dan lainnya nanti tim Jumat berkah mengambil ke rumah rumah lalu dikumpulkan di balai desa dan dimasak bersama dan hasil masakan itu dikembalikan lagi pada warga, ini tidak dianggarkan dari desa tapi dari warga kita, kalau Internet itu jujur kebetulan saya menjabat kepala desa, disini ada beberapa orang yang menyalurkan WiFi saya tanya konsumen di Ngrombo ada 250 orang, lalu pihak penyedia Wifi itu juga ikut bersedekah dua setengah persen dengan pemberian 7 titik internet gratis dari pemerintah desa Ngrombo lewat pemilik jasa penyedia Wifi tersebut, sekali menggelar kegiatan Jumat berkah bisa menghabiskan 8 hingga 10 juta rupiah,” jelasnya.

Suharti selaku ketua kegiatan Jumat Berkah Desa Ngrombo || Huri Yanto

Sementara itu, Suharti selaku ketua kegiatan Jumat Berkah Desa Ngrombo saat ditemui JOGLOSEMARNEWS.COM menyampaikan semua bantuan sumbangan sedekah dari warga maupun perantauan akan dikumpulkan ke bendahara baik uang tranfer maupun barang.

“Setiap Jumat akan membuat 900 porsi makanan yang akan dibagikan pada warga, semua bahan diambil pada hari Kamis lalu Jumat paginya kita masak bareng bareng di balai desa, tim kita ada 2 tim yakni kadus satu dan dua lalu tim dua kadus tiga dan empat. Masakan yang udah jadi dan dikemas lalu dibagikan di 9 masjid di Desa Ngrombo dengan mobil Jumber khusus, sasaran masyarakat ke masjid dan lansia maupun yang sakit di rumah,” jelasnya.

Baca Juga :  Desa Tangkil Sragen Melaju ke Lima Besar Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Dengan adanya Jumber di Desa Ngrombo ini ternyata antusias masyarakat di Desa Ngrombo datang beribadah di masjid ini meningkat drastis, hal itu dibenarkan langsung oleh Suharti yang juga menjabat sebagai Bidan Desa tersebut.

“Seperti di masjid Bulurejo biasanya kita ngedrop sekitar 150 ternyata masih kurang, sejak ada Jumber minat warga datang beribadah ke masjid meningkat pesat jadi 200 paket makanan, target kami 950 paket setiap hari Jumat, mohon doanya setelah puasa ini mau open house dengan donatur karena kegiatan ini tanpa para donatur tidak bisa berjalan seperti ini, kami juga mengucapkan banyak terimakasih pada ibu ibu yang telah ikut membantu memasak di Jumber dan berbagi,”ujarnya.

Huri Yanto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com