JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Perkuat Barisan, Megawati Resmi Angkat Andika Perkasa sebagai Kader PDIP

Wakil Ketua Umum Tim Pemenangan Nasional (TPN) yang juga Mantan Panglima TNI Andika Perkasa saat tiba di Markas Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo, Gedung High End, Jakarta Pusat, Rabu (13/9/2023)|tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri resmi mengangkat eks Panglima TNI, Andika Perkasa sebagai kader PDIP.

Pengangkatan Andika sebagai kader Partai Banteng moncong putih itu dilakukan dalam rapat kerja nasional (Rakernas) V partai tersebut, Jumat (24/5/2024).

Andika tampak mengenakan setelah merah khas seragam kader PDIP, menandai resminya penunjukan tersebut.

Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDIP menyampaikan sambutannya di depan hampir 5.000 anggota partai dan tamu undangan yang hadir.

Dalam sambutannya, Mega sempat bercanda dengan Andika, yang juga dikenal sebagai Wakil Ketua Tim Pemenangan (TPN) Ganjar Mahfud.

“Kamu jangan loyo loh, eh pak Andika ini dia nya kesemsem PDIP loh. Sekarang dia KTA- nya PDIP loh, asal jangan mbalelo aja kapan-kapan ya,” kata Megawati, disambut riuh tawa dan tepuk tangan hadirin.

Pengangkatan Andika sebagai kader PDIP menambah kekuatan partai ini, terutama menjelang Pemilihan Umum yang akan datang.

Sebagai lulusan akademi militer tahun 1987 dan mantan Panglima TNI, Andika Perkasa memiliki basis pendukung yang kuat serta pengalaman dalam kepemimpinan yang dapat memberi dampak positif bagi PDIP.

Baca Juga :  Temui Presiden Israel di Tengah Konflik Israel-Palestina, 5 Warga Nahdliyin Bakal Dipanggil PBNU

 

Megawati juga mengungkapkan bahwa Andika memiliki banyak penggemar, menunjukkan dukungan luas yang diterimanya.

Penunjukan ini sekaligus menegaskan strategi PDIP untuk menguatkan barisan dengan tokoh-tokoh berpengalaman dan berpengaruh, guna meraih kemenangan di pemilu mendatang.

Perjalanan Andika di Militer

Andika yang bernama lengkap Fransiskus Xaverius Emanuel Andika Perkasa, merupakan purnawirawan TNI yang menjabat sebagai Panglima TNI dari 2021 hingga 2022.

Lahir pada 21 Desember 1964 di Bandung, Jawa Barat, Andika menjadi Panglima TNI tertua sepanjang sejarah saat dilantik pada usia 55 tahun.

Namun, rekor tersebut dipecahkan oleh Laksamana Yudo Margono yang dilantik menggantikannya pada 19 Desember 2022.

Sebelum menjadi Panglima TNI, Andika menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat. Berasal dari keluarga campuran Magelang, Jawa Tengah dan Blitar, Jawa Timur, ia menikah dengan Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati Hendropriyono, putri Jenderal TNI A.M. Hendropriyono.

Andika resmi menjadi Panglima TNI setelah disetujui oleh DPR dalam Rapat Paripurna pada Senin, 8 November 2021. Sebagai calon tunggal yang diajukan Presiden Jokowi, Andika menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun.

Baca Juga :  Jokowi Lantik Keponakan Prabowo jadi Wakil Menteri Keuangan, Sinyal untuk Ganti Sri Mulyani?

Meskipun hanya menjabat selama 400 hari, Andika tetap memenuhi persyaratan sebagai Panglima TNI. Menurut Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Presiden Jokowi tidak mempermasalahkan masa jabatan Andika yang singkat.

Atas hal tersebut, wacana perpanjangan masa jabatan sempat muncul. Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari meyakini bahwa Jokowi akan memperpanjang masa jabatan Andika selama dua tahun hingga usia 60 tahun melalui penerbitan peraturan presiden (Perpres).

“Saya yakin (masa jabatan Andika) akan diperpanjang,” kata Kharis di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Senin (8/11/2021).

Namun, berdasarkan UU No. 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia (TNI) Pasal 53, masa dinas keprajuritan bagi perwira adalah hingga usia 58 tahun.

Andika genap berusia 58 tahun pada hari itu, dan akhirnya, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono yang terpilih menggantikan Andika. Nama Andika juga disebut-sebut dalam bursa Pilkada Jakarta, namun keputusan final akan diambil oleh PDIP setelah Rakernas.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com