JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

PT Pos Indonesia Salurkan Bantuan Program Sembako dan PKH ke Rumah Penerima

T Pos Indonesia atau dikenal dengan brand baru Po IND melalui Kantor Cabang Utama Solo, terus bergerak menyalurkan Bantuan Sosial Sembako dan PKH kepada keluarga penerima manfaat (KPM). Tak hanya penyaluran lewat Kantorpos, namun layanan berupa home visit juga dilakukan. Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM PT Pos Indonesia atau dikenal dengan brand baru Po IND melalui Kantor Cabang Utama Solo, terus bergerak menyalurkan Bantuan Sosial Sembako dan PKH kepada keluarga penerima manfaat (KPM). Tak hanya penyaluran lewat Kantorpos, namun layanan berupa home visit juga dilakukan.

Sebelumnya keluarga penerima manfaat yang membutuhkan layanan ini, sudah berkoordinasi dengan Kantorpos setempat. Kemudian layanan antar ke rumah dilakukan, sesuai kesepakatan dengan pihak keluarga. Ini dilakukan kepada penerima manfaat, yang berhalangan datang ke Kantorpos.

Mereka rata-rata dalam kondisi sakit, atau terbatas geraknya (disabilitas) sehingga tidak memungkinkan untuk mengambil sendiri. Penyaluran antaran ke rumah ini dilakukan petugas, tanpa mengenal apakah siang atau malam. Petugas tetap melakukan penyaluran, walaupun harus menunggu selesai tugas utama mereka. Dan terbukti layanan ini, sangat membantu bagi warga yang memang berhalangan.

Baca Juga :  Budayawan Ahmad Bahar Perkenalkan Buku "Gibran The Next President" di Solo

“Saya sangat terbantu karena tidak bisa bebas kemana-mana, sejak kaki saya sakit. Kalau harus ke kantorpos dengan kursi roda sangat sulit,” ujar penerima manfaat asal Petoran Jebres, Catur Sri Hartini, Jumat (17/5/2024).

Bantuan Sembako Pangan sebesar enam ratus ribu rupiah, sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di tahap dua penyaluran ini, PT. Pos Indonesia Kantor Cabang Utama Solo menyalurkan bantuan kepada 8.742 penerima manfaat. Namun belum semua tersalurkan, karena beberapa belum mengambil di Kantor Pos Besar ataupun lokasi yang ditunjuk.

“Sampai dengan tanggal 15 Mei kemarin sudah tersalurkan kepada 8.320 orang penerima. Kami terus berusaha untuk menyelesaikannya, sebelum tenggat waktu di 17 Mei nanti,” terang Manajer Penjualan Jasa Keuangan PT Pos Indonesia KCU Solo, Cecep Gunawan.

Baca Juga :  Full Dukungan, Partai Non-Parlemen Dekati Bacawali Diah Warih

Kantorpos KCU Solo, terus meminta agar para pendamping mengajak warganya untuk mengambil di Kantorpos Gladak. Cecep menambahkan, target dari pusat adalah penyaluran terlaksana hingga 98 persen. Tentu ini merupakan tantangan, agar bisa memenuhi target yang ditetapkan tersebut.

Penyaluran ini juga tidak bisa lepas, dari peran para pendamping Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

Mereka selama ini selalu mendampingi para penerima manfaat, sehingga penyaluran bisa dilakukan dengan baik. Walau masih banyak hambatan, namun diakui sistem saat ini sangat membantu.

“Dengan sistem sekarang ini sebenarnya lebih cepat dalam penyaluran, penyerapan, dan evaluasi. Hanya saja durasi pendek dan pendamping tidak memiliki BNBA (by name by address) sehingga saat ada aduan kali tidak bisa segera menjawab,” imbuh salah satu pendamping TKSK, Ema Zaki. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com