JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Sejarah Hardiknas yang Diperingati Setiap Tanggal 2 Mei, Ternyata Hari Lahir KHD

Hardiknas
Pelaksanaan Hardiknas di SMPN 1 Pracimantoro Wonogiri. Dok. Spensapra
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Yuk, mengenal sejarah Hardiknas atau Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Mei.

Melalui rilis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM dari SMPN 1 Pracimantoro Wonogiri (Spensapra), Jumat (3/5/2024), Hardiknas merupakan singkatan dari Hari Pendidikan Nasional, yaitu hari nasional yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara (KHD).

KHD adalah tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa, beliau lahir di Yogyakarta 2 Mei 1889, dengan nama RM Soewardi Soerjaningrat.

KHD merupakan cucu Sri Paku Alam III dan ayahnya bernama GPH Soerjaningrat. Beliau merupakan pahlawan nasional yang dihormati sebagai bapak pendidikan nasional di Indonesia.

KHD lahir dari keluarga kaya Indonesia di era kolonialisme Belanda, dikenal karena berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda. Pada masa itu, pihak kolonial hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya yang bisa mengenyam bangku pendidikan.

Baca Juga :  Bosan Makan Daging Kurban? Coba Menu Ini!

KHD diasingkan ke Belanda karena kritikannya terhadap kebijakan pemerintah kolonial. Setelah kembali ke Indonesia KHD kemudian mendirikan sebuah lembaga pendidikan bernama Taman Siswa.

KHD diangkat sebagai menteri pendidikan setelah kemerdekaan Indonesia. Beliau terkenal dengan semboyan filosofinya, Ing ngarso sung tulada (di depan hendaknya menjadi contoh), Ing madya mangun karsa (di tengah mampu membangkitkan atau menggugah semangat), tut wuri handayani, (“di belakang memberi dorongan”).

KHD wafat pada tanggal 26 April 1959. Untuk menghormati jasa-jasanya terhadap dunia pendidikan Indonesia, pemerintah Indonesia menetapkan tanggal kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Baca Juga :  Gelar Lapak Agrobisnis Wonogiri 2024, Intip Pula Sejarah Peringatan Hari Krida Pertanian

Hari nasional ini ditetapkan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Hari Pendidikan Nasional dirayakan secara luas di Indonesia. Perayaannya biasanya ditandai dengan pelaksanaan upacara bendera di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi, dari tingkat kecamatan hingga pusat, disertai dengan penyampaian pidato bertema pendidikan oleh pejabat terkait.

SMP Negeri 1 Pracimantoro juga merayakan Hari Pendidikan Nasional dengan tema “Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar”.

Upacara dilaksanakan dengan penuh khidmad dan tertib Kamis (2/5/2024). Setyo Wiharno selaku Pembina upacara membacakan amanat Bupati Wonogiri.

Secara terpisah Kepala SMPN 1 Pracimantoro Juwariyah menyampaikan akan terus bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan Merdeka Belajar, sebagaimana amanat Mendikbudristek dalam pidato Hari Pendidikan Nasional 2024. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com