JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Si Japut Maskot Pilbup Wonogiri 2024 Ternyata Terinspirasi Burung Jalak Putih

Si Japut
Si Japut maskot Pilbup Wonogiri 2024. KPU Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Maskot Pilbup Wonogiri 2024 alias Pilkada Wonogiri 2024 bernama Si Japut, yang merupakan kependekan dari jalak putih dan jangan golput.

Maskot Pilbup Wonogiri 2024 ini ternyata terinsipirasi dari burung jalak putih.

Ketua KPU Wonogiri Satya Graha menjelaskan Maskot Pilbup Wonogiri 2024 Si Japut merupakan akronim dari jalak putih atau jangan golput. Maskot Pilbup Wonogiri 2024 dan jingle Pilbup Wonogiri 2024 diperoleh melalui mekanisme lomba dan sayembara.

Ketua KPU Wonogiri Satya Graha mengatakan, melalui lomba dan sayembara desain Maskot Pilbup Wonogiri 2024 dan jingle Pilbup Wonogiri 2024 itu, pihaknya ingin mengangkat nilai-nilai dan potensi lokal yang selama ini jarang diketahui masyarakat.

Baca Juga :  Wonogirine Pundi? Pelaku Pencurian Vixion dan Honda Beat plus HP di Ketonggo Kerjo Lor Ngadirojo Tertangkap

Jalak putih ternyata menjadi satwa khas Wonogiri. Informasi itu dia temukan dalam beberapa literatur atau buku mengenai Kabupaten Wonogiri.

“Selama ini, yang populer di Wonogiri adalah kera putih atau kethek ogleng. Ternyata, Wonogiri juga punya satwa khas, yaitu jalak suren putih. Itu kemudian kami jadikan Maskot Pilbup Wonogiri 2024,” tutur Ketua KPU Wonogiri Satya Graha, Kamis (2/5/2024).

Maskot Pilbup Wonogiri 2024 dan dan jingle Pilbup 2024 Wonogiri telah diluncurkan, Selasa malam (31/4).

Baca Juga :  PPK Wonogiri Ditarget Bisa Bantu Wujudkan Partisipasi Pilkada Wonogiri 2024 80 Persen, Yakin Mampu?

KPU Wonogiri memilih Si Japut sebagai maskot dan lagu berjudul Ayo Nyoblos sebagai jingle.

Juara pertama lomba jingle Pilkada Wonogiri diraih Putut Prihantoro dengan jingle Ayo Nyoblos. Juara ke dua diraih Wahyu Ari Nugroho dengan jingle Pilihan Bupati Wonogiri dan juara ke tiga diraih Andre Natalis dengan jingle Ayo Memilih.

Adapun juara pertama lomba maskot diraih Hernawan Windaryanto dengan maskot Si Japut. Selanjutnya juara ke dua diraih Faris Wibisono dengan maskot Si Jolibaku dan juara ke tiga diraih Aris Agung Satya Nugraha dengan maskot Si Wanara. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com