JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Siswa Dikma Pa PK TNI Akmil Magelang Gandeng SMPN 4 Selogiri Wonogiri Gelar Penyuluhan Psikologi dan Gerak Motorik Siswa

Akmil
Siswa Akmil Magelang bersama keluarga besar SMPN 4 Selogiri Wonogiri. Istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Siswa Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier TNI (Dikma Pa PK TNI) Akmil Magelang menggelar kegiatan Penyuluhan Psikologi dan Gerak Motorik Siswa SMP di SMPN 4 Selogiri Wonogiri, Kamis (23/5/2024) .

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian Napak Tilas Rute Gerilya Panglima Besar Jenderal Soedirman yang dikuti lebih dari 300 Prajurit Siswa Dikma Pa PK TNI Akmil Magelang.

Melalui rilis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM , pada Napak Tilas prajurit siswa sempat bermalam dan menggelar kegiatan di SMPN 4 Selogiri Wonogiri .

Kepala SMPN 4 Selogiri Maryanto mengatakan untuk mendukung kegiatan Penyuluhan Psikologi dan Gerak Motorik Siswa SMP yang dilakukan oleh Prajurit Siswa Dikma Pa PK TNI, pihak sekolah mendatangkan siswa-siswi dan seluruh guru-karyawan untuk aktif berpartisipasi.

“Perlu komunikasi dan koordinasi dengan pihak komite sekolah, orangtua siswa, dan pihak terkait agar semua bisa hadir di sekolah,” ujar Kepala SMPN 4 Selogiri Maryanto.

Sementara itu, Muhammad Raihan Nursid, Pangkat Prajurid Siswa No 195 menjelaskan kegiatan Siswa Dikma Pa PK TNI 2024 dalam memberikan Penyuluhan Psikologi diawali dengan pemutaran video bertema Stop Bullying dalam durasi kurang lebih 20 menit.

Baca Juga :  Tarso Daftar Cabup Wonogiri Lewat 4 Partai, Gerindra PKB PAN Demokrat

Selanjutnya dilakukan dialog interaktif dengan siswa SMP peserta penyuluhan, dan peragaan perilaku bullying tindak kekerasan verbal dan non verbal oleh tim.

Tim Prajurit Siswa Dikma Pa PK TNI dari psikologi memberikan contoh peragaan tindakan kekerasan fisik seperti memukul, menampar, mendorong, mencubit, mencakar, juga kekerasan seksual.

Sedangkan kekerasan non fisik, Raihan menjelaskan perilaku perundungan non fisik meliputi mengolok-olok, mengejek, mengancam, menuduh, memfitnah, mempermalukan di tempat umum, menyebarkan rumor, berkata kasar menyakitkan. Atau merendahkan kepada seseorang, berkomentar negatif tentang penampilan fisik seseorang, melakukan pelecehan seksual dengan melakukan siulan atau komentar tentang penampilan seseorang (catcalling verbal).

Lebih lanjut pemateri menjelaskan dampak korban bullying atau perundungan dapat beragam. Meliputi kesakitan fisik, cacat fisik, sakit psikis, kepercayaan diri merosot, malu, trauma, merasa serba salah, takut sekolah, mengasingkan diri, timbul keinginan untuk bunuh diri, hingga dapat mengalami gangguan kejiwaan.

Diakhir sesi Penyuluhan Psikologi dilakukan game ringan untuk menyegarkan suasana dan selanjutnya diberikan pesan-pesan moral. Yakni bila mengetahui di lingkungan sekolahnya ada perilaku yang mengarah ke perundungan baik verbal maupun non verbal agar segera melaporkan ke guru BK atau pihak berwenang di sekolah.

Baca Juga :  Bisane Gur Ngabarke Durung Bisa Nglewati, Jalan Tembus Padang Pancuran Gedongrejo Giriwoyo Wonogiri Sudah Kelar

Muh Ainul Warih (Ainul) Pangkat Prajurit Siswa No 222 asal Makasar Sulawesi Selatan mengawali kegiatan Permainan Gerak Motorik Siswa dengan mengarahkan semua peserta untuk melakukan pemanasan di halaman sekolah.

Selanjutnya, dibentuk 6 kelompok yang masing-masing beranggotakan 8 siswa. Permainan Gerak Motorik ini praktis melibatkan aktivitas gerak berlari, meloncat, melempar, berkejaran dalam radius pendek.

Semua peserta aktif antusias dan senang mengikuti game gerak motoric siswa ini.
Tujuan Game Gerak Motorik Siswa SMP ini, lanjut Ainul adalah merangsang siswa bergerak aktif dinamis, meningkatkan ketangkasan fiisk, meningkatkan kedisiplinan, dan mendorong kerjasama tim.

Di akhir sesi diberikan sejumlah hadiah untuk siswa yang mampu menjawab game dan memenangkan permainan.

Pada acara penutupan, Mayor Tugiyo, Perwira SePa Akmil Magelang menyampaikan pesan Komandan Sekolah Perwira Prajurit Karier TNI beserta staf. Pihaknya memberikan apresiasi atas segala bantuan dan dukungan dari pihak SMPN 4 Selogiri untuk kelancaran Latihan Napak Tilas Rute Panglima Besar Jenderal Soedirman. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com