JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Cek Khodam Lagi Tren, Sekadar Hiburan atau Ada Udang di Balik Batu?

Kodam
Tangkapan layar cek khodam live di TikTok. Istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Belakangan, media sosial ramai dengan tren cek khodam. Namun benarkah cek khodam ini sekedar hiburan atau ada udang di balik batu alias ada sesuatu tersembunyi?

Tren cek khodam ini mengajak pengguna media sosial untuk mengetahui jenis khodam pendamping mereka melalui situs web atau aplikasi tertentu.

Khodam sendiri dipercaya sebagai makhluk gaib yang mendampingi manusia dan memberikan berbagai kemampuan atau perlindungan.

Fenomena ini marak di berbagai platform seperti TikTok, Instagram, dan Facebook. Banyak akun yang menawarkan jasa cek khodam gratis maupun berbayar. Cara cek khodam pun terbilang mudah, pengguna hanya perlu memasukkan nama, tanggal lahir, dan foto mereka.

Meskipun terkesan menarik dan menghibur, tren cek khodam ini menuai berbagai pro dan kontra. Di satu sisi, banyak yang menganggapnya sebagai hiburan semata dan tidak perlu dihiraukan. Di sisi lain, ada juga yang mempertanyakan validitas dan bahaya di balik tren ini.

Berikut beberapa poin penting terkait tren cek khodam:

Baca Juga :  Contoh Daftar Menu Makan Siang Gratis untuk Anak Sekolah Seharga Rp7.500

1. Apa itu Khodam?

Khodam berasal dari bahasa Arab yang berarti “pelayan” atau “pengawal”. Dalam kepercayaan masyarakat Jawa, khodam diartikan sebagai makhluk gaib yang mendampingi manusia dan memberikan berbagai kemampuan atau perlindungan. Khodam dipercaya dapat berupa leluhur, hewan, atau jin.

2. Cara Cek Khodam

Cara cek khodam yang populer di media sosial biasanya menggunakan situs web atau aplikasi tertentu. Pengguna diminta untuk memasukkan data diri seperti nama, tanggal lahir, dan foto. Kemudian, situs web atau aplikasi tersebut akan menampilkan jenis khodam yang konon dimiliki oleh pengguna.

3. Kevalidan Tren Cek Khodam

Validitas dari tren cek khodam ini masih diragukan. Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung keberadaan khodam maupun cara cek khodam yang digunakan. Banyak pihak yang menganggap tren ini sebagai hiburan semata dan tidak perlu dipercaya secara serius.

4. Bahaya Tren Cek Khodam

Terdapat beberapa potensi bahaya dari tren cek khodam, antara lain:

– Penipuan
Ada oknum yang memanfaatkan tren ini untuk menipu orang dengan menawarkan jasa cek khodam berbayar dan menjanjikan berbagai keuntungan.

Baca Juga :  Perantau Asal Desa Kembang Jatipurno Wonogiri YPK3 Serahkan Santunan Puluhan Juta Rupiah

– Eksploitasi Kepercayaan
Tren ini dapat mengeksploitasi kepercayaan masyarakat terhadap hal-hal gaib dan mistis.

– Gangguan Mental
Bagi individu yang mudah terpengaruh, hasil cek khodam yang negatif dapat memicu kecemasan, ketakutan, bahkan depresi.

5. Sikap Bijak dalam Menanggapi Tren Cek Khodam

Penting untuk menyikapi tren cek khodam dengan bijak. Berikut beberapa tips:

– Pahami bahwa tren ini hanya hiburan semata.
– Jangan mudah percaya dengan hasil cek khodam.
– Jika merasa terganggu dengan tren ini, hindari dan abaikan.
– Lebih baik fokus pada hal-hal yang nyata dan bermanfaat.

Sebagai kesimpulan, tren cek khodam merupakan fenomena media sosial yang perlu disikapi dengan bijak. Penting untuk memahami bahwa tren ini hanya hiburan semata dan tidak memiliki dasar ilmiah yang kuat. Jangan mudah percaya dengan hasil cek khodam dan fokuslah pada hal-hal yang nyata dan bermanfaat dalam hidup. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com