JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Menjaga Kesehatan di Musim Kemarau, Tips Tetap Bugar dan Terhindar dari Penyakit

Alat olahraga
Alat olahraga
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Musim kemarau identik dengan cuaca panas dan kering. Kondisi ini dapat membawa dampak bagi kesehatan, seperti dehidrasi, infeksi pernapasan, dan penyakit kulit.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan saat kemarau agar tetap bugar dan terhindar dari penyakit.

Berikut beberapa tips tetap bugar dan terhindar dari penyakit yang bisa Anda lakukan:

1. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih adalah kunci utama untuk mencegah dehidrasi. Minumlah air putih minimal 8 gelas per hari, atau lebih banyak jika Anda beraktivitas di luar ruangan atau berkeringat banyak. Hindari minuman bersoda dan berkafein, karena dapat memperburuk dehidrasi.

2. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral. Pilihlah makanan yang mengandung banyak air, seperti semangka, melon, dan mentimun. Hindari makanan yang berlemak dan gorengan, karena dapat meningkatkan panas tubuh.

Baca Juga :  Duh! Mahasiswa Penerima Beasiswa Prestasi Wonogiri Belum Terlihat Kontribusi Nyata ke Masyarakat, Intelektual Tidak Dishare ke Lingkungan

3. Menjaga Kebersihan Diri

Mandilah secara teratur, minimal dua kali sehari, untuk membersihkan tubuh dari keringat dan kotoran. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum makan dan setelah beraktivitas di luar ruangan.

4. Hindari Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Batasi aktivitas di luar ruangan pada siang hari yang terik. Gunakan topi, kacamata hitam, dan pakaian yang longgar dan berwarna terang untuk melindungi diri dari sinar matahari. Oleskan tabir surya dengan SPF minimal 30 pada kulit yang terbuka 15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan.

5. Istirahat yang Cukup

Tidurlah yang cukup, minimal 7-8 jam per hari, untuk menjaga daya tahan tubuh. Hindari begadang dan stres yang berlebihan.

6. Olahraga Teratur

Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan. Lakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari, seperti berjalan kaki, berenang, atau bersepeda.

Baca Juga :  10 Ide Lomba 17 Agustus Anti Mainstream dan Hemat Biaya, Dijamin Ramai Penonton

7. Waspada Terhadap Penyakit

Musim kemarau dapat meningkatkan risiko penyakit tertentu, seperti diare, infeksi saluran pernapasan atas, dan penyakit kulit. Perhatikan kebersihan diri dan lingkungan, serta segera periksa ke dokter jika Anda mengalami gejala penyakit.

8. Gunakan Masker

Gunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan untuk melindungi diri dari debu dan polusi udara.

9. Jaga Kebersihan Tempat Tinggal

Bersihkan rumah secara teratur untuk mencegah berkembangnya nyamuk dan serangga lainnya yang dapat membawa penyakit.

10. Siapkan Perlengkapan Kesehatan

Siapkan perlengkapan kesehatan dasar di rumah, seperti obat demam, obat diare, dan obat salep untuk luka.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menjaga kesehatan saat kemarau dan terhindar dari penyakit. Ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan diri, makan makanan yang sehat, dan minum air putih yang cukup. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com