JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kaesang Temui Presiden PKS, Pengamat: Karena Posisinya Dilematis, DKI Berhadapan dengan Anies, Jateng Ada Ahmad Luthfi

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep dan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu saat melakukan pertemuan di Kantor DPP PKS, Jakarta, Senin (8/7/2024). Pertemuan tersebut membahas berbagai hal yang seperti mencari kesepahaman mengenai isu politik, sekaligus membahas potensi kolaborasi, termasuk dalam Pilkada Serentak 2024 | tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kunjungan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep  ke kantor Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memunculkan beragam reaksi dan spekulasi.

Dalam pengamatan Direktur Eksekutif Parameter Politik sekaligus dosen politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno, pergerakan Kaesang ke PKS itu  karena posisinya yang terjepit antara maju pilihan gubernur (Pilgub) DKI Jakarta atau Jawa Tengah.

“Kalau cocok bukan tidak mungkin PKS akan diajak koalisi dalam Pilkada,” kata Adi kepada Tempo melalui pesan singkat pada Rabu (10/7/2024).

Adi melihat selama ini PKS merupakan partai yang saling berhadap-hadapan dengan PSI. Kedatangan Kaesang dinilai sebagai bentuk PSI ingin menjalin komunikasi politik.

“Problemnya, PKS tidak mungkin menarik proposal politiknya yang menduetkan Anies Baswedan-Sohibul Iman,” kata Adi.

Baca Juga :  Larangan TNI Berbisnis Akan Dihapus Melalui Revisi UU TNI, KSP Moeldoko: Saya Tidak Setuju TNI Boleh Berbisnis

Adi menilai posisi Kaesang saat ini tergantung dengan KIM dan PSI yang dilematis.

“Kalau maju Jakarta Kaesang potensial lawan Anies yang elektabilitasnya kuat. Kalau maju Jawa Tengah partai KIM sudah menyebut Irjen Ahmad Luthfi yang diusung,” ujarnya.

Kaesang bersama jajaran partainya mengunjungi Kantor Dewan Pengurus Pusat atau DPP PKS di Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Senin (8/7/2024). Elite kedua partai sempat membahas soal Pilkada 2024 dalam pertemuan tersebut.

Usai pertemuan, Kaesang mengklaim dirinya tidak mengajukan namanya sendiri ke PKS untuk diusung di Pilkada 2024. “Di forum tadi, sudah pasti saya tak sodorkan nama saya ke DPP PKS,” kata Kaesang usai pertemuan dengan petinggi PKS.

Kaesang mengatakan PSI akan membahas calon yang sudah diusulkan PKS untuk Pilkada, khususnya di Pilgub DKI Jakarta 2024. Diketahui, PKS mengusulkan pasangan eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan politikus PKS, Sohibul Iman, untuk menjadi calon gubernur dan wakil gubernur di ibu kota.

Baca Juga :  Ekonom: Proyek Kereta Cepat Whoosh Picu BUMN Merugi, Warning untuk Pemerintahan Prabowo

Menurut Kaesang, usulan itu bakal dibicarakan PSI.

“Untuk mengenai koalisi yang akan segera dibangun oleh DPP PKS, yang mengusung Pak Anies dan Pak Sohibul, itu nanti akan kami bahas kembali di DPP PSI,” ujar putra bungsu Presiden Joko Widodo alias Jokowi itu.

Diketahui, pertemuan antara PKS dan Kaesang menjadi yang pertama kali sejak Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Alhabsyi menyebut Jokowi telah menyodorkan nama Kaesang ke partai-partai untuk Pilkada 2024. Aboe turut menemui Kaesang dalam kunjungan PSI ke DPP PKS itu.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com