Beranda Daerah Solo Inilah Komitmen Pangdam Diponegoro Menjaga Keamanan dan Netralitas Menghadapi Pilkada

Inilah Komitmen Pangdam Diponegoro Menjaga Keamanan dan Netralitas Menghadapi Pilkada

99
BAGIKAN
Joglosemarnews.com/Satria Utama
Mendapat Sambutan : Pangdam IV Diponegoro Mayor Jendral (Mayjend) Wuryanto mendapat sambutan dari jajaran Kodim 0735/Kota Surakarta, Jumat (19/1/2018).

SOLO–Kodam IV Diponegoro terus memantau potensi kerawanan menghadapi pilkada serentak Jawa Tengah tahun 2018. Selain pelaksanaan pemilihan gubernur juga diselenggakan pemilihan kepala daerah di tujuh kabupaten/kota di seluruh Jateng di tahun ini.
Panglima Kodam (Pangdam) IV Diponegoro Mayor Jendral (Mayjend) Wuryanto, menyatakan, di setiap penyelenggaran pilkada, potensi kerawanan dapat muncul. Meski selama ini dalam pelaksanaan pilkada serentak sebelumnya baik dalam pilkada dan pilgub di seluruh Jateng berlangsung dengan aman dan damai.
“Potensi kerawanan menghadapi pilkada serentak bisa saja muncul,” jelasnya kepada wartawan di sela kunjungan kerja di Kodim 0735/Kota Surakarta, Jumat (19/1/2018).
Untuk itu, lanjut Pangdam, seluruh personel yang ditugaskan selalu diingatkan untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dalam memantau situasi di lapangan. Selain itu, juga terus membangun koordinasi, terutama dengan seluruh unsur penyelenggara pemilu.
Karena itu, pihak kepolisian yang dibantu unsur TNI dan instansi terkait lainnya terus melakukan pemantauan agar potensi kerawanan yang ada tidak berkembang menjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
“Apalagi pelaksanaannya berdekatan dengan tahun politik pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) tahun 2019 mendatang,” sambung Wuryanto.
Pangdam melanjutkan, dalam pengamanan pilkada serentak tahun 2018, pihaknya bersinergi dengan pihak kepolisian, pemerintah daerah dan penyelenggara pemilu.
Ia menegaskan, komitmen TNI dalam bersinergi dengan Polri dalam pengamanan Pilkada Serentak 2018 dan Pilpres 2019. Pangdam juga mengemukakan, dalam pengamanan pesta demokrasi selalu mengutamakan asas hukum dan peraturan perundang-undangan.
“Saya menekankan kepada seluruh jajaran TNI Pangdam IV Diponegoro untuk bekerja secara profesional, militan dan disiplin” kata dia.
Lebih jauh, perwira tinggi TNI dengan pangkat dua bintang di pundaknya ini mengingatkan kepada seluruh prajuritnya tetap menjaga netralitas memasuki tahun politik 2018 dan 2019 ini.
“Memasuki tahun politik atau pesta demokrasi TNI harus memegang teguh netralitasnya dari tingkat atas sampai tingkat satuan di bawah Kodam IV Diponegoro,” tegasnya.
Sekedar diketahui, pilkada serentak di Jateng tahun 2018, selain pemilihan gubernur juga diselenggerakan pilkada di 7 daerah, yakni Kabupaten Karanganyar, Tegal, Kudus, Magelang, Temanggung, Banyumas dan Kota Tegal. Satria Utama

Baca Juga :  Berbagai Potensi Daerah di Indonesia Ditampilkan dalam Pameran UKM di Solo Grand Mall