JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Masuk Zona Panas Politik, Panwaslu Gondang Diminta Tak Main-Main..

Jajaran Muspika Gondang saat berpose bersama Panwascam dan Panwaslu Desa seusai dilantik di Pendapa Kecamatan Gondang, Minggu (14/1/2018). Foto/JSnews
Jajaran Muspika Gondang saat berpose bersama Panwascam dan Panwaslu Desa seusai dilantik di Pendapa Kecamatan Gondang, Minggu (14/1/2018). Foto/JSnews

SRAGEN– Sebanyak sembilan orang anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Desa resmi dilantik dan diharapkan bisa maksimal melakukan pengwasan proses atau tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) di Kecamatan Gondang. Netralitas, integritas dan koordinasi dengan pihak terkait menjadi tuntutan yang harus dimiliki oleh setiap Panwaslu Desa mengingat karakteristik Gondang yang dinilai masuk zona sumbu pendek, barometer Sragen Timur dan selalu panas dalam kancah perpolitikan.

“Mereka harus punya integritas yang tinggi. Karena Panwas Desa menjadi ujung tombak Pemilu di desa yang langsung bersinggungan dengan masyarakat,” kata Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Gondang, Tri Asih seusai pelantikan Panwaslu Desa,  kepada wartawan Minggu (14/1/2018).

Baca Juga :  Innalillahi, Anggota DPRD Sragen dari PDIP, Sukamto Meninggal Dunia Malam Ini

Asih menyampaikan, jumlah Panwaslu Desa di Kecamatan Gondang sebanyak sembilan orang, di mana masing-masing desa terdapat satu Panwaslu. Sedang tugas yang harus dilakukan dalam waktu dekat ini adalah melakukan coklit daftar pemilih sementara (DPS) Pilgub yang dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di masing-masing desa.

Baca Juga :  Mayat Kakek-kakek Ditemukan di Sungai Kedunggandu Gondang Sragen. Diduga Hanyut Terbawa Arus

Terkait potensi pelanggaran yang dilakukan PNS dan perangkat desa, Asih menyatakan, kesadaran perangkat desa sudah tinggi memposisikan diri terhadap pelaksanaan Pemilu. Mereka sudah paham, bahwa PNS dan perangkat desa harus menjaga netralitas.

“Sekarang perangkat desa sudah mulai memahami, mereka menyadari harus netral. Tapi mereka tetap punya hak untuk memilih calon tertentu,” terangnya.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua