JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Polres Karanganyar Kerahkan Tim Khusus Sikat Penyebar Hoax dan Isu SARA di Pilkada

Siaga : Sejumlah personel kepolisian dari Polda Jateng bersiaga di area kantor KPU Jateng. Foto : Joglosemarnews.com/Satria Utama
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Siaga : Sejumlah personel kepolisian dari Polda Jateng bersiaga di area kantor KPU Jateng.
Foto : JOGLOSEMARNEWS.COM /Satria Utama

KARANGANYAR– Kepolisian resor (Polres) Karanganyar, akan menerjunkan pasukan khusus, pada saat berlangsungnya apesta demokrasi pemilihan kepala daearah (Pilkada) dan pemilihan gubernur (Pilgub) yang akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang.

Kapolres Karanganyar, AKBP Henik Marayanto, kepada para wartawan, Selasa (16/1/2018) mengatakan, tim ini akan melakaukan patroli dengan  mengawasi setiap media social pada saat Pilkada. Terutama yang menyinggung isu SARA hingga pelecehan terhadap golongan atau kelompok tertentu.

“ Tugas  tim ini melakukan patroli di dunia maya, dengn sasaran media social dimana isi konten media social  yng mengarah pelanggaran UU ITE, seperti  ujaran kebencian, hoaks, fitnah, sara,” ujar Kapolres, selasa (16/01/2018).

Baca Juga :  Kecelakaan Maut di Kemuning Karanganyar, Minibus Pengangkut Rombongan Pendaki Hantam Tebing Lalu Terjerembab di Selokan. Satu Penumpang Tewas, 2 Luka-Luka

Dijelaskan kapolres, sejak tim Cyber Patrol ini dibentuk, belum ada indikiasi yang menegarah kepada pelanggaran UU ITE. Untuk itu, lanjut Kapolres, pihaknya meminta kepada seluruh masyarakat pengguna media social agar lebih bijak dan tidak menyebarkan hal-hal atau informasi yang menyesatkan dan dapat menggangu stabilitas keamanan di Karanganyar.

“Sejauh ini belum ada  indikasi yng mengarah kepada pelanggaran. Dalam pelaksanaan Pilkada ini, saya minta semua bersikap bijak. Persaingan dan rivalitas itu sah-sah saja, tapi harus disampaiakan dengan santun,” terangnya.

Baca Juga :  Terus Meroket, Kasus Covid-19 Karanganyar Tambah 5 Orang Jadi 181 Positif. 142 Positif Sembuh, 33 Masih Dirawat, 43 Meninggal Dunia

Sementara itu, ketika disinggung mengenai maraknya ajakan untuk memilih kotak kosong, Kapolres belum dapat memberikan keterangan lebih lanjut.

“ Sampai saat ini kan proses pendaftaran ulang masih berlanjut. Kami masih menunggu KPU, apakah nantinya akan ada satu pasang calon atau tidak. Kita tunggu saja,” pungkasnya. Wardoyo