JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Rumah Belum Teraliri Listrik di Wonogiri Mencapai 13 Ribu Buah, Baru Sebagian Kecil Dapat Bantuan

surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

WONOGIRI-Kepala Balai Pengkajian Pengawasan dan Pengendalian Energi dan Sumber Daya Mineral (BP3ESDM) Sewu Lawu, Suhardi, menjelaskan ribuan KK di Wonogiri belum menikmati aliran listrik.

Dia menjelaskan, di Wonogiri saat ini ada sekitar 13 ribu rumah KK kurang mampu yang  belum dapat menikmati aliran listrik. Mereka tersebar di 25 kecamatan se-Wonogiri.

Baca Juga :  Update Corona Wonogiri, Total Kasus Terkonfirmasi Positif COVID-19 Menjadi 20. Terbaru Ada Ustaz dan Satpam Sesama Warga Kecamatan Jatisrono

Ada sejumlah penyebab banyaknya warga yang belum menikmati aliran listrik. Selain lantaran faktor ekonomi , kata dia, juga dipengaruhi keterbatasan jaringan listrik di daerah tersebut.

“Sebagian terpaksa menyambung dari tetangga yang sudah tersambung jaringan listrik, istilahnya nggantol. Kami telah mengusulkan penambahan jaringan bagi daerah tertentu kepada PLN,” sebut dia, Rabu (31/1/2018).

Baca Juga :  Catat Slur, Seperti Ini Protokol Kesehatan di Lingkungan Pondok Pesantren

Sebagai langkah mengurangi jumlah KK belum teraliri listrik, pihaknya memberikan bantuan. Sedikitnya 260 KK kurang mampu di Wonogiri tahun ini mendapatkan bantuan listrik murah. Setiap KK bakal mendapatkan bantuan Rp 2 juta.

Program tersebut didanai dari APBD Provinsi Jateng 2018.

“Program ini terus berkelanjutan,” ungkap dia.Aris Arianto