JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Kuliner

Setan Kober, Kuliner Unik dan Satu-satunya di Dunia

Joglosemarnews/Aris Arianto SETAN KOBER-Kuliner Setan Kober buatan warga Sumberagung, Kecamatan Pracimantoro.
Joglosemarnews/Aris Arianto
SETAN KOBER-Kuliner Setan Kober buatan warga Sumberagung, Kecamatan Pracimantoro.

WONOGIRI–Di Desa Sumberagung, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri, terdapat sebuah nama terkenal, Setan Kober. Namun bukan merupakan jenis keris pusaka, melainkan nama camilan sejenis jenang.

Pengurus TP PKK Desa Sumberagung, Kecamatan Pracimantoro, Warsi mengungkapkan, Setan Kober adalah makanan sejenis jenang. Bahan dasarnya dari senthe (talas), tepung ketan, kelopo (kelapa) dan tepung beras. Lantaran itulah dinamakan Setan Kober, singkatan senthe, ketan, kelopo dan beras.

Setan Kober, asli dari Dusun Pakem, Desa Sumberagung, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri. Di tempat lain tidak ada,” ungkap Warsi, Minggu (13/1/2018).

Dia mengakui makanan bertekstur pulen, legit, dan manis ini, belum setenar makanan lainnya, namun Setan Kober sudah mendapat hati di tengah masyarakat, khususnya Wonogiri selatan. Hal itu terbukti, setiap kali ada acara resmi, Setan Kober selalu menghiasi meja bersanding dengan makanan lainnya.

“Harganya Rp 2000 per buah. Harganya disesuaikan dengan susahnya mencari bahan bakunya, terutama senthe. Ini juga tanpa pengawet, sangat alami,” tutur dia.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini