loading...
Loading...
Joglosemarnews/Aris Arianto
SETAN KOBER-Kuliner Setan Kober buatan warga Sumberagung, Kecamatan Pracimantoro.

WONOGIRI–Di Desa Sumberagung, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri, terdapat sebuah nama terkenal, Setan Kober. Namun bukan merupakan jenis keris pusaka, melainkan nama camilan sejenis jenang.

Pengurus TP PKK Desa Sumberagung, Kecamatan Pracimantoro, Warsi mengungkapkan, Setan Kober adalah makanan sejenis jenang. Bahan dasarnya dari senthe (talas), tepung ketan, kelopo (kelapa) dan tepung beras. Lantaran itulah dinamakan Setan Kober, singkatan senthe, ketan, kelopo dan beras.

“Setan Kober, asli dari Dusun Pakem, Desa Sumberagung, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri. Di tempat lain tidak ada,” ungkap Warsi, Minggu (13/1/2018).

Dia mengakui makanan bertekstur pulen, legit, dan manis ini, belum setenar makanan lainnya, namun Setan Kober sudah mendapat hati di tengah masyarakat, khususnya Wonogiri selatan. Hal itu terbukti, setiap kali ada acara resmi, Setan Kober selalu menghiasi meja bersanding dengan makanan lainnya.

“Harganya Rp 2000 per buah. Harganya disesuaikan dengan susahnya mencari bahan bakunya, terutama senthe. Ini juga tanpa pengawet, sangat alami,” tutur dia.

Proses pembuatan Setan Kober, jelas dia, cukup mudah. Tahap pertama, senthe yang sudah dikupas dan dicuci bersih, dikukus hingga matang sempurna. Sambil menunggu talas matang, disiapkan tepung ketan dan beras serta santan kelapa lalu diaduk hingga merata, ditambah dengan gula jawa secukupnya.

Setelah senthe matang, kemudian dicampur dalam adonan bahan lainnya, dibuat semacam jenang hingga adonan jadi. Proses selanjutnya adonan Setan Kober dibungkus dengan daun pisang, atau kertas minyak sesuai selera.

Camat Pracimantoro, Warsito mengatakan Desa Sumberagung, terdiri dari 11 dusun, 9 RW dan 20 RT dengan jumlah penduduk sekitar 3200-an jiwa. Potensi yang terdapat di Desa Sumberagung antara lain potensi perkebunan yaitu kelapa dan potensi industri kecil seperti kuliner Setan Kober, ampyang, kripik cakar dan anyam-anyaman.

“Setan Kober ini menjadi andalan di Desa Sumberagung, ke depan diusahakan untuk bisa dipasarkan ke daerah-daerah lain,” kata Warsito.

Mau menjajal garangnya nama dan pulennya si Setan Kober ini? Silahkan berkunjung ke Desa Sumberagung, Pracimantoro. Aris Arianto

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.