Beranda Sport Piala Presiden 2018: Suporter Harus Bersinergi Menjaga Kondusivitas dan Keamanan

Piala Presiden 2018: Suporter Harus Bersinergi Menjaga Kondusivitas dan Keamanan

87
BAGIKAN

SOLO–Pihak kepolisian melakukan upaya antisipasi dan pengamanan laga delapan besar Piala Presiden 2018 yang digelar di Stadion Manahan, Solo pada Sabtu-Minggu (3-4) Februari mendatang.

Selain mempersiapkan personel pengamanan, pihak Polresta Surakarta berharap adanya sinergi dengan pihak suporter. Dapat dipastikan, dalam laga perempat final Piala Presiden tahun ini puluhan ribu suporter dari delapan klub yang bertanding akan memenuhi Kota Solo.

Mereka akan berbondong-bondong untuk menyaksikan tim kesayangan bertanding di Stadion Manahan.

Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polresta Surakarta Kompol Arief Joko mengemukakan, pihaknya bakal menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah pihak yang terlibat dalam untuk menjaga kondusivitas dan keamanan selama laga berlangsung.

Menurut dia, rapat koordinasi suporter bakal dilaksanakan di Balai Persis Solo pada Rabu (31/1/2018) pukul 19.00 WIB.

“Ya, malam ini akan dilaksanakan rapat koordinasi di Balai Persis Solo pukul 19.00 WIB,” kata dia, Rabu (31/1/2018) di Mapolresta Surakarta.

Kompol Joko juga menjelaskan, dalam rapat itu akan disampaikan komitmen bersama dengan para suporter untuk menjaga keamanan pertandingan.

“Puluhan ribu suporter dari delapan klub akan datang ke Solo. Potensi terjadinya gesekan antar suporter sangat besar. Maka dari itu komitmen dan kerjasama untuk menjaga keamanan dan kondusivitas sangat diperlukan.

Pasalnya, dengan adanya kerjasama yang baik maka seluruh seluruh laga yang akan dipertandingkan akan berjalan dengan lancar. Menurut Joko, ribuan petugas yang akan diterjunkan dari, Polres se-Solo Raya juga dari Polda Jateng juga akan diterjunkan.

Baca Juga :  Bayaran Ronaldo di Juventus Sebesar Rp 1,3 Miliar per Hari

“Rencananya, sebanyak dua ribu personel kepolisian akan diterjunkan untuk pengamanan selama laga pertandingan berlangsung. Namun jumlah tersebut belum dapat dipastikan menunggu rapat teknis di internal kepolisian,” jelas dia.

Joko juga menyampaikan, untuk persiapan teknis, pada Kamis (1/2/2018) sekitar pukul 13.00 WIB juga bakal digelar rapat koordinasi dengan pihak panitia pelaksana (Panpel) laga delapan besar Piala Presiden.

“Rapat koordinasi ini bakal digelar di Mapolresta Surakarta,” terang Joko.

Menurut Joko, dalami rapat tersebut akan disampaikan teknis pengamanan selama laga berlangsung yang digelar dua hari.

“Teknis pengamanan yang dibahas di antaranya seperti pengamanan penyekat wilayah di batas kota hingga pengawalan tim,” terang Joko.

“Saran itu akan disampaikan dalam rapat koordinasi yang digelar besok di Mapolresta Surakarta. Aspek Kamtibnas jadi pertimbangan,” kata dia. Satria Utama