JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Olahan Ikan WGM Tembus Arab Malaysia Hingga Hongkong

Salah satu produk Mina Abadi
ย ย ย 
Salah satu produk Mina Abadi

WONOGIRI-Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri, merupakan gudangnya aneka jenis ikan air tawar, mulai jambal, nila, maupun betutu. Penyajiannya tidak sebatas digoreng, dibakar, atau dimasak seperti biasanya, namun bisa diolah menjadi abon, keripik, dan sebagainya.

Kelezatan olahan ikan waduk tersebut bahkan moncer sampai ke negara Arab, Malaysia, hingga Hongkong.

Salah satu sentra penghasil aneka olahan ikan WGM ada di rumah Sulistiyanto (44), warga Dusun Bendorejo RT 2 RW 3, Desa Sendang, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri. Aneka produk olahan seperti abon ikan nila, keripik kulit ikan, bakso ikan, sosis ikan, maupun nugget ikan dipasarkannya. Tak hanya di tingkatan lokal Wonogiri maupun daerah sekelilingnya, hasil kreatifitasnya itu kini sudah tembus pasar internasional.

Baca Juga :  Siap Digembleng 6 Bulan, Ratusan Guru Wonogiri Ikuti Progam Guru Penggerak Angkatan 10

Ya, Sulistiyanto, sang penggerak Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklasar) Mina Abadi, telah melakukan diversifikasi dalam pengolahan produk perikanan dari WGM Wonogiri. Produknya kini telah sukses menembus pasar dunia.

Sadar akan hal itu, dia semakin getol memroduksi serta memasarkan olahan ikan. Tak lagi melalui jalur offline, pemasaran ditempuh pula lewat jalur online di website minaabadi.com. Hasilnya luar biasa, kini 50 persen penjualannya justru dia dapat dari pesanan lewat online marketing.

Baca Juga :  Siapa Saja Calon Bupati Wonogiri 2024?

โ€œAlhamdulillah, sudah banyak pesanan dari Arab maupun Malaysia,โ€ terang dia, Minggu (18/2/2018).

Dia berani menjamin, semua produk olahannya asli ikan. Tidak ada bahan campuran, pewarna maupun pengawet. Soal harga disebutnya sangat terjangkau. Untuk abon patin dibanderol Rp10 ribu ukuran kecil, Rp 100 ribu untuk setengah kilo dan Rp 170 ribu untuk ukuran satu kilogram. Untuk abon nila diberi harga Rp 22 ribu ukuran sedang. Sedangkan keripik kulit ikan dihargai Rp 20 ribu.Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com