JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Di Solo, Mobil Esemka Kini Tinggal Monumen

Tempo.co
Ilustrasi/Tribunnews

SOLO – Bagaimana kabarnya mobil Esemka yang sempat dikendarai Jokowi dan menjadi heboh dulu itu ya? Mobil tersebut sampai sekarang masih tersimpan di SMKN 2.

Sementara, mobil yang dikendarai FX Hadi Rudyatmo (wakil wali kota Surakarta saat itu), kini masih tersimpan di SMK Warga. Mobil-mobil tersebut dijadikan sebagai monumen, sebagai bukti bahwa karya anak  bangsa dimulai dari sini.

Baca Juga :  Merasa Mendapat Perlakuan Tidak Menyenangkan, Belasan Wartawan Rame-rame Walkout dari Area Konferensi Pers Keraton Surakarta

Hal itu dikatakan oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SMK Warga, Heru Raharjo. Dia menceritakan, sekolahnya mulai dilibatkan sejak tahun 2008.

Dikatakan, mobil Esemka, di awal perintisannya melibatkan siswa-siswa dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Solo.

Baca Juga :  Wali Kota Rudy Nilai Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Efektif, Sanksi Bersihkan Sungai Dilanjutkan

Dikatakan, pihaknya telah merakit sebanyak 38 mobil berjenis Rajawali yang dijual ke berbagai daerah, seperti Solo, Pati, Wonogiri.

Seluruh mobil produksinya telah memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Beberapa mobil Esemka saat ini masih dapat ditemui. Tribunnews