JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Duh.. Barusaja Dilaunching, Bus Gatotkaca Langsung Kecelakaan. Begini Kondisinya..

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo seusai launching. Foto/Satria Utama
Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo seusai launching Bus Gatotkaca. Foto/Satria Utama

SOLO-Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta meresmikan peluncuran Bus Gatotkaca, Senin (5/2/2019). Peluncuran dilakukan di komplek Balaikota. Namun, dalam peluncuran ini sempat diwarnai dengan insiden kecil. Insiden itu terjadi seusai dilakukan uji coba bus dengan panjang 13 meter tersebut.

Bus yang diproduksi oleh karoseri Laksana itu menabrak sebuah pohon yang berada di komplek Balaikota Surakarta. Akibat insiden tersebut, kaca kanan pada bagian tengah bodi bus pecah. Tepat di bawah kaca yang pecah, bodi bus juga mengalami sedikit kerusakan. Sejumlah bagian bodi penyok akibat menabrak pohon.

Informasi di lapangan menyebutkan, insiden ini terjadi seusai acara peluncuran bus yang akan difungsikan untuk sarana rapat tersebut. Bus kemudian diujicoba dan dikemudikan Walikota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo.

Saat hendak bermanuver keluar dari halaman Balaikota, bus yang belok ke kanan, ternyata manuver tersebut kurang terukur dan mengakibatkan bagian kanan bus terserempet pohon di komplek halaman Balaikota.

Baca Juga :  Optimistis Menangkan Pilkada Solo, Bajo Berharap Dapat Nomor Urut 1. Ini Alasannya....

Sontak, semua pihak yang menyaksikan langsung berteriak. Sejumlah jeritan pun sempat terdengar. Namun beruntung, dalam insiden ini tidak menimbulkan korban luka maupun jiwa. Seusai insiden tersebut Rudy langsung memberikan kendali kemudi kepada sopir bus tersebut.

Saat dikonfirmasi JOGLOSEMARNEWS.COM , Rudy mengaku bingung dengan aba-aba yang diberikan oleh sopir di dalam bus serta sejumlah orang yang berada di depan bus.

Dikarenakan bingung, Rudy mengaku tidak bisa dengan sempurna dalam memperhitungkan haluan belok.

“Saya sebenarnya bisa lebih tenang jika yang memberi aba-aba itu tidak membingungkan. Aba-aba yang diberikan di dalam bus itu berbeda dengan yang memberi aba-aba di luar bus. Akibatnya mengganggu konsentrasi saat hendak mengambil haluan,” kata Rudy.

Baca Juga :  Warga Solo Positif Corona Tambah 15, Ada Bayi Nakes Hingga Lansia, Kini Total 548 Kasus

Rudy memastikan insiden ini memang di luar dugaan. Karena dirinya hanya ingin melakukan uji coba untuk mengemudikan bus tersebut.

“Ya pastinya di luar dugaan kami. Namun, mau gimana lagi wong namanya sudah terlanjur. Bus juga masih massa garansi dari pihak karoseri. Sebelum disewakan, bus akan diperbaiki di karoseri terlebih dahulu,” ungkap Rudy.

Seperti diberitakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta telah meluncurkan bus yang dapat disewakan dengan konsep Meeting on The Bus. Rencananya bus dengan panjang 13 meter itu akan disewakan dengan tarif sewa sebesar Rp 2 juta per tiga jamnya. Satria Utama