JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Keseringan Marah, Waspadai 5 Bahaya Fatalnya Bagi Kesehatan!

Ilustrasi
Ilustrasi

JOGLOSEMARNEWS– Meluapkan emosi atau kemarahan memang manusiawi. Tapi awas,  kalau keseringan marah dengan intensitas tinggi,  hal itu bisa berbahaya bagi kesehatan anda.

Bahkan sering marah-marah berisiko mengundang masalah kesehatan yang cukup serius.

Dilansir dari laman Everyday Health, Berikut ada beberapa bahaya yang mungkin terjadi saat Anda sering marah-marah.

1. Berdampak pada kesehatan jantung

Menurut jurnal dari Wake Forest University School of Medicine sering marah-marah membuat Anda mudah terkena masalah kesehatan jantung.

Marah-marah tak jelas ini akan meningkatkan Anda terkena serangan jantung dua kali lipat.

Baca Juga :  Covid-19 Masih Merajalela di Indonesia, Apa yang Harus Dilakukan Masyarakat, Ini Saran Ahli Farmasi

2. Risiko terkena stroke

Marah-marah yang tak terkendali juga bisa memicu masalah stroke, dua jam setelah marah-marah bisa memicu penggumpalan darah dalam otak dan memicu tersumbatnya aliran darah.

Ini adalah awal dari masalah stroke, karena aliran darah diotak tersumbat maka risiko pecahnya pembuluh darah pun semakin tinggi. Untuk terhindar dari masalah tersebut Anda harus pintar mengontrol emosi.

3. Daya tahan tubuh melemah

Studi dari Universitas Harvard, AS, mengemukakan bahwa sering marah-marah bisa membuat tubuh mudah terserang penyakit. Marah tidak jelas bisa menurunkan antibodi Imunoglobulin, Ini adalah zat penting dalam tubuh untuk melawan beragam penyakit.

Baca Juga :  Hasil Penelitian di Inggris Klaim Temukan Titik Kelemahan Virus SARS-CoV-2 Penyebab Covid-19

4. Kesehatan Paru-paru terancam

Kontrol amarah yang tidak baik akan membuat Anda memiliki kapasitas paru-paru yang buruk, hal ini akan memicu masalah kesehatan yang berkaitan dengan paru-paru, seperti masalah pernapasan.

5. Memperpendek Usia

Orang yang suka marah-marah rentan terkena masalah depresi dan stres ini juga bisa memicu masalah serius seperti bunuh diri. Untuk itu, sebaiknya hindari marah-marah. Jika ada masalah segera selesaikan dengan cara yang baik. Tribunnews