loading...


Ilustrasi longsor timbun rumah. Dok/JSnews

KARANGANYAR— Hujan deras yang mengguyur beberapa waktu terakhir menimbulkan bencana longsor di wilayah Karanganyar.  Tercatat ada 10 lokasi di Jatiyoso yang dilanda longsor Jumat (9/2/2018).

Tanah longsor menimpa bangunan rumah, tanah pekarangan, dan jalan kampung. Informasi yang dihimpu dari BPBD Karanganyar, tanah longsor terjadi di Desa Karangsari dan Jatiyoso.

Tanah longsor menimpa tembok rumah sejumlah warga. Seperti, tembok rumah Lasino (58), warga Dusun Gersono RT 002/RW 015, Desa Karangsari; Mariyem (54) warga Dusun Pacet  RT 001/RW 012, Desa Karangsari; Wagino (51), Dusun Blodro RT 027/RW 013, Desa Tlobo. Selain itu, tembok rumah milik Supandri (46) warga Dusun Plamar RT 002/RW 016, Desa Jatiyoso; dan Purwanto (47), warga Dusun Watugede RT 001/RW 005, Desa Wonokeling.

Baca Juga :  Palu Diguncang Gempa-Tsunami, 104 Warga Karanganyar Dipastikan Selamat dan Berhasil Pulang. Pemkab Diminta Dirikan Posko di Palu 

Kerusakan pada masing-masing rumah bervariasi tergantung material tanah yang longsor menimpa bangunan. Rata-rata bangunan yang rusak ada dapur dan kamar.

Tanah longsor juga menyebabkan ruas jalan dusun di Dusun Gersono RT 002/RW 015, Desa Karangsari, tertimbun tanah longsor. Tanah longsor dari pekarangan rumah Paiman (48) Dusun Plamar RT 001/RW 015, Desa Jatiyoso, menimpa akses jalan di depan rumah. Selain itu, tanah longsor menyebabkan talud rumah milik Dwiyanto (35) warga Dusun Plamar RT 002/RW 015, Desa Jatiyoso, dan Kasino (75) warga Dusun Blimbing RT 2/12, Desa Jatiyoso.

Baca Juga :  Yuditeha Bedah Novel "Astungkara" Karangan Panji Sukma

“Tidak ada korban jiwa. Tanah longsor terjadi karena hujan deras mengguyur wilayah Karanganyar dalam jangka waktu lama. Hujan disertai angin. Hujan mulai pukul 13.00 WIB. Tanah longsor di beberapa titik menyebabkan beberapa bagian rumah warga dan fasilitas umum rusak,” kata Sekretaris BPBD Kabipaten Karanganyar, Hendro Prayitno dihubungi wartawan.

BPBD Karanganyar bersama sukarelawan setempat dan warga sudah melaksanakan kerja bakti di lokasi tanah longsor. Prioritas kerja bakti adalah tanah longsor yang menutup akses jalan dusun. Selain itu, BPBD Karanganyar sudah menyalurkan bantuan logistik dan plastik untuk warga dan sukarelawan yang melaksanakan kerja bakti.

Sementara itu, Kasi Trantib Kecamatan Jatiyoso, Haryanto, menyampaikan bahwa satu keluarga di Desa Tlobo terpaksa mengungsi ke rumah kerabatnya karena kondisi rumah rusak. “Mereka mengungsi di rumah kerabat karena masih ada kemungkinan longsor susulan,” ujar dia. Wardoyo

Loading...