JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Petani Cengkih Desa Kembang Belajar Budidaya Durian Pogog, Ternyata Ini Penyebabnya

Petani cengkih Desa Kembang belajar budidaya durian di Desa Tengger
   
Petani cengkih Desa Kembang belajar budidaya durian di Desa Tengger

WONOGIRI-Para petani cengkih Desa Kembang, Kecamatan Jatipurno, berupaya mengembangkan tanaman durian. Langkah tersebut diawali dengan belajar budidaya durian di salah satu sentranya, Desa Wisata Durian, Dusun Pogog, Desa Tengger, Kecamatan Puhpelem.

Perwakilan petani cengkih Desa Kembang, Sukadiyanto, Senin (19/2/2018) mengatakan, kunjungan belajar dilaksanakan Minggu (18/2/2018). Para petani melihat langsung proses pembuatan bibit dan cara tanam di kebun durian yang ada di Dusun Pogog.

“Kami berencana mengembangkan durian di Desa Kembang yang memiliki struktur dan kontur tanah hampir sama (dengan Dusun Pogog),” ungkap dia.

Dia menyebutkan, tanaman cengkih di wilayahnya banyak yang mati terserang hama. Lantaran itu mereka kemudian berencana beralih mengembangkan tanaman lain sebagai gantinya, dalam hal ini durian.

Baca Juga :  Wajib Tahu!Jadwal Oneway Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024 via Tol Cipali

Pemilihan Dusun Pogog sebagai tujuan belajar, menurut dia, bukan tanpa sebab. Dusun Pogog merupakan salah satu desa penghasil durian terbaik di Wonogiri. Durian Pogog saat ini banyak diburu para penggemar durian. Pasalnya, daging buahnya tebal dan lembut, warnanya kuning keemasan, serta rasanya juga manis menggoda.

Selain soal rasa, keunggulan lain durian ini adalah bobot durian yang fantastis. Satu durian bisa mencapi sembilan kilogram.

“Kegiatan belajar diawali dengan melihat langsung ke kebun durian. Para petani diajak keliling kebun durian sembari mendapatkan penjelasan berkaitan dengan jenis tanaman durian, cara perawatan, dan cara pemupukan. Setelah selesai dari kebun petani mendapatkan penjelasan bagaimana tehnik membuat bibit durian yang unggul, para petani diberikan pengetahuan cara membuat bibit unggul dengan berbagai teknik salah satunya sisip dan cungkup,” jelas dia.

Baca Juga :  Daftar Objek Wisata di Wonogiri yang Cocok Dikunjungi Saat Libur Lebaran 2024, ada Kuliner Juga Loh

Sementara menurut Kang Rimo selaku pengelola Desa Wisata Durian Pogog, menyebutkan sangat terbuka dengan siapapun yang mau berbagi ilmu tentang durian. Baik dari proses pembuatan bibit unggul, cara tanam, cara perawatan bahkan pasca panen pihaknya siap menampung hasil buah durian dari para petani.

Informasi yang dihimpun, ratusan batang pohon cengkih di Desa Kembang, tiba-tiba mengering dan mati. Kondisi itu sudah terjadi sejak beberapa bulan yang lalu. Petani menduga ratusan pohon cengkih mati karena diserang hama.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh para petani untuk menanggulangi hama. Salah satunya melalui kerjasama dengan sebuah perusahaan besar selaku mitra, tapi hasilnya nihil. Sehinga para petani merugi banyak. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com