JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Rektor UNS Lepas Bengawan Team di Shell Eco-marathon Asia 2018

Dok Humas UNS

SOLO – Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof Ravik Karsidi melepas Bengawan Team UNS untuk berlaga di Changi Exhibition Center Singapura. Pelepasan dilakukan di halaman Gedung dr Prakosa Senin(19/2/2018).

Shell Eco-marathon merupakan kompetisi yang disponsori oleh Shell untuk para pelajar atau mahasiswa di seluruh dunia, di mana mereka harus membuat kendaraan dengan efisiensi bahan bakar sebesar-besarnya.

Beberapa kategori bahan bakar yang digunakan meliputi ICE (Internal Combustion Engine), Hydrogen dan Battery Electric. Kompetisi ini dilakukan secara tahunan di Asia, Eropa dan Amerika, dan pemenang dari masing-masing regional akan dikompetisikan dalam Drivers’ World Championship.

Baca Juga :  Rektor Unisri: Penelitian dan Pengabdian Harus Menjadi Budaya Bagi Dosen

Tahun ini, Shell Eco-marathon Asia akan diselenggarakan di Changi Exhibition Center, Singapura. Kompetisi ini akan digelar selama 4 (empat) hari, yaitu mulai tanggal 8 sampai 11 Maret 2018, dan diikuti oleh ratusan tim dari sekolah dan institusi pendidikan tinggi dari berbagai negara di Asia.

UNS akan mengirimkan 2 (dua) tim dalam kompetisi ini, yaitu Bengawan Team 1 dengan bahan bakar gasoline dan Bengawan Team 2 dengan bahan bakar diesel.

Baca Juga :  1.400 Mahasiswa Baru Unisri Ikuti Orientasi Kampus

Dalam rilisnya ke Joglosemarnews, kedua tim tersebut akan mengikuti kompetisi dalam kategori ICE.  Capaian Bengawan Team di Shell Eco-marathon Asia 2017 adalah 213 km/l dan menempati posisi keempat dalam kategori ICE, serta berhasil finish di posisi kedua di dalam Drivers’ World Championship Asia 2017 yang kemudian membawa tim berkompetisi di Drivers’ World Championship di London, Inggris. Suhamdani