JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Asyik, Pensiunan PNS akan Lebih Sejahtera

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur memberi keynote speech saat launching Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) di Auditorium Politeknik Statistika STIS, Jalan Otto Iskandardinata, Jakarta Timur, Rabu, 28 Maret 2018. Tempo/M Yusuf Manurung
Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur memberi keynote speech saat launching Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) di Auditorium Politeknik Statistika STIS, Jalan Otto Iskandardinata, Jakarta Timur, Rabu, 28 Maret 2018. Foto: Tempo.co

JAKARTA – Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi(Mempan-RB) Asman Abnur berkeyakinan dana pensiun Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan lebih baik. Pendapat itu karena skema baru pengelolaan dana pensiun menggunakan sistem fully funded atau dibayarkan semuanya.

Namun, Asman belum memberikan besaran angka dana pensiun yang akan diterima. Dia mengatakan pihaknya dan Kementerian Keuangan belum mencapai kesepakatan. “Yang jelas lebih sejahtera dari pensiun yang sekarang,” kata Asma di Politeknik Statistika STIS, Jakarta Timur, Rabu(28/3/2018).

Baca Juga :  Seorang Tahanan KPK Penghuni Rutan Pomdam Jaya Guntur Positif Covid-19

Asman mengatakan sistem fully funded adalah sistem pendanaan pensiun yang pembayarannya berasal dari iuran PNS dan pemerintah. Rencananya, skema itu akan diterapkan tahun ini. “Sedang kita matangkan, belum kita putuskan berapa besaran iuran dari PNS berapa iuran dari pemerintah,” katanya.

Asman berujar skema tersebut memberikan beberapa keuntungan seperti mengurangi beban APBN serta memberikan dana pensiun yang lebih besar. “Manfaat pensiun yang dikelola badan pengelola dikembalikan lagi pada PNS,” katanya.

Baca Juga :  Peningkatan Kasus Positif Covid-19 Cukup Signifikan, Satgas Usul Aceh dan Bali Masuk Prioritas Pengawasan

Menurut Asman, skema baru fully funded akan diberlakukan bagi para PNS baru tahun ini. Untuk PNS lama, Asman mengatakan diberlakukan dua sistem yakni fully funded dan pay as you go. “Misalnya dia tinggal 10 tahun lagi bertugas itu pake metoda baru,” katanya.

www.tempo.co