JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Finlandia Menjadi Negara Paling Bahagia di Dunia, Indonesia Kapan?

Ilustrasi/Tribunnews

Negara adidaya, negara yang menguasai ekonomi dunia atau negara-negara dengab kehebatan yang lain, ternyata tidak selamanya mampu menjamin kebahagiaam rakyatnya.

Data yang diungkap oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa ( PBB) inilah buktinya. PBB kembali merilis laporan tingkat kebahagiaan negara-negara di dunia. Predikat negara paling bahagia versi PBB tahun ini ditempati oleh Finlandia.

PBB telah secara resmi merilis laporan peringkat kebahagiaan negara-negara di dunia tersebut pada Rabu (14/3/2018).

Laporan tersebut dirilis dalam rangka menyambut Hari Kebahagiaan Internasional yang diperingati setiap 20 Maret.

Baca Juga :  50 Negara Jatuh ke Jurang Resesi Gara-gara Pandemi Covid-19, Mulai dari Malaysia hingga Amerika Serikat. Ini Daftar Lengkapnya

Tahun ini, PBB telah menyusun peringkat dari 156 negara di dunia berdasarkan indeks kebahagiaannya.

Finlandia yang menempati peringkat pertama, mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya yang berada di peringkat lima.

Negeri bangsa Nordik itu menggeser Norwegia yang kini turun ke posisi kedua. Selanjutnya secara berturut-turut, peringkat ketiga hingga kelima ditempati Denmark, Islandia dan Swiss.

Selain menjadi negara paling bahagia, Finlandia juga menjadi rumah bagi imigran paling bahagia.

Sementara di peringkat terbawah dan menjadi negara yang paling tidak bahagia adalah Burundi.

Baca Juga :  50 Negara Jatuh ke Jurang Resesi Gara-gara Pandemi Covid-19, Mulai dari Malaysia hingga Amerika Serikat. Ini Daftar Lengkapnya

Negara kecil di Afrika tengah itu dipimpin Presiden Pierre Nkurunziza sejak 2005 dan memicu krisis politik usai memenangkan masa jabatan presiden untuk kali ketiga, tiga tahun lalu.

Laporan kebahagiaan negara-negara di dunia pertama kali diterbitkan PBB pada tahun 2012, yang disusun untuk mendukung Pertemuan Tingkat Tinggi PBB mengenai kebahagiaan dan kesejahteraan.

Hasil laporan tersebut dari tahun ke tahun dapat dilihat pada laman situs worldhappiness.report.  Kapan Indonesia mampu masuk dalam daftar itu? 

www.tribunnews.com