JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Inilah 8 Makanan yang Baik Untuk Pencernaan

Yogurt. Foto: pexels.com
Yogurt. Foto: pexels.com

Kesehatan pencernaan merupakan salah satu hal utama dalam kehidupan manusia. Jika seseorang mengalami masalah pencernaan tentunya akan mengganggu aktivitasnya.

Masalah pencernaan biasanya dialami orang karena kurang tepat mengkonsumsi makanan tertentu. Untuk mengatasinya, berikut ini delapan makanan sehat yang dapat membantu sistem pencernaan Anda tetap baik, seperti disarankan ahli gizi Nmami Agarwal dan Mehar Rajput, yang dilansir Indian Express.

 

  1. Jahe

Ramuan sehat ini bagus untuk pencernaan, serta mengurangi peradangan dan sakit maag. Jahe juga menenangkan jalur usus. Minumlah seteguk air jahe dengan beberapa tetes lemon setiap habis makan dan rasakan manfaat ramuan ajaibnya.

  1. Biji adas

Fitonutrien dalam adas memiliki khasiat antioksidan dan secara efektif membantu mengurangi gas dan kembung. Mengunyah biji atau membuat teh menggunakan biji adas akan merangsang sekresi enzim pencernaan, yang selanjutnya mengurangi rasa panas, serta radang perut dan usus. Cobalah satu sendok biji adas setelah setiap kali makan.

  1. Jintan
Baca Juga :  Berbulan-bulan Bekerja di Masa Pandemi Covid-19, Banyak Dokter Residen Alami Depresi dan Jenuh

Bahan ini membantu dalam sekresi berbagai enzim pencernaan di pankreas yang membantu pencernaan dan penyerapan nutrisi.

  1. Probiotik

Konsumsi makanan ini untuk saluran pencernaan dan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Probiotik juga dikenal sebagai bakteri yang ramah, sehat, dan baik. Kita bisa mendapatkan dosis probiotik yang sehat dalam makanan, seperti yogurt, kefir, dan kombucha, yang memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, mencegah infeksi saluran kencing, alergi dan dingin.

  1. Yogurt

Meskipun kebanyakan produk susu sulit dicerna, yogurt bisa memiliki efek sebaliknya. Yogurt mengandung probiotik yang membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di usus untuk kesehatan perut, membantu pencernaan, dan mengurangi rasa tidak enak badan yang membengkak.

  1. Oat
Baca Juga :  Covid-19 Masih Merajalela di Indonesia, Apa yang Harus Dilakukan Masyarakat, Ini Saran Ahli Farmasi

Makanan ini adalah sumber penting dari serat larut dan tidak larut yang penting untuk kesehatan fungsi pencernaan.

  1. Pepaya

Buah ini adalah salah satu buah yang populer untuk menyembuhkan sakit perut dan diare. Konsumsi pepaya memudahkan pencernaan dan membantu meredakan sembelit. Keajaiban terletak di enzim papain, enzim pencernaan alami yang memecah makanan yang mengiritasi perut, juga chymopapain, membantu memecah protein dan menenangkan perut dengan menciptakan lingkungan asam yang sehat.

  1. Pisang

Buah yang mudah dicerna ini juga memberi energi instan. Seperti pepaya, pisang juga mengandung pektin, yang membantu memulai gerakan usus secara alami.

www.tempo.co