JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kabar Gembira. Pemerintah Bakal Buka Lowongan CPNS 2018, 110.000 Orang yang Dibutuhkan

Ilustrasi PNS
   
Ilustrasi PNS

JAKARTA– Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) akan membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 untuk menggantikan 220.000 PNS yang memasuki masa pensiun. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengatakan, biasanya kuota yang disetujui Presiden adalah setengahnya atau sekitar 110.000 orang.

“Semua tentu tergantung kemampuan keuangan,” kata Asman di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Jakarta pada Senin(26/3/2018)

Baca Juga :  Tolak Bobby Nasution di Pilgub Sumut, Pengamat: PDIP Harus Punya Calon Internal yang Kuat

Namun lanjut Asman, dia sudah meminta agar jumlah tersebut tidak mencakup kuota guru juga. Sebab kebutuhan guru dinilai masih banyak kekurangan. “Tenaga kesehatan dan pendidikan tetap prioritas,” ujarnya.

Asman menjelaskan setelah ditentukan formasinya, Kemenpan RB akan menyeleksi kemampuan daerah atas formasi tersebut terutama untuk belanja pegawai. “Belanja pegawainya tidak boleh lebih dari 50 persen, kalau belanja lebih dari itu tidak akan kami berikan,” tuturnya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy juga berharap Kemenpan-RB akan memberikan jatah 100.000 lowongan untuk CPNS guru tahun ini.

Baca Juga :  Denny Indrayana Tak Yakin Hakim MK Mau Berkorban dan Jadi Pahlawan demi Selamatkan Demokrasi, Seperti Ini Prediksinya

“Mudah-mudahan tahun ini MenPAN-RB berkenan memberikan 100.000 CPNS 2018 untuk guru pada tahun ini,” kata Muhadjir saat memberikan pembekalan kepada CPNS Kemendikbud di kantornya, Senin(26/3/2018)

Menanggapi hal tersebut, Asman Abnur mengatakan, pihaknya akan mempertimbangkan dengan melihat keuangan daerah dan tentunya akan ditawarkan kepada daerah yang jumlah belanja pegawainya kurang dari 50 persen.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com