JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Kanopi Pasar Wonokarto Ambruk, Menurut Dinas Ternyata Ini Penyebabnya

Kanopi pasar ambruk lantaran tidak kuat menahan beban
Kanopi pasar ambruk lantaran tidak kuat menahan beban

WONOGIRI-Kanopi teras Pasar Wonokarto Wonogiri ambruk lantaran tidak kuat menahan beban. Beruntung tidak ada korban akibat kejadian tersebut.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM dan Perindustrian dan Perdagangan Wonogiri, Guruh Santosa mengatakan, kanopi tidak kuat menanggung beban rangka dan atap tambahan.

“Awalnya kanopi itu kami bangun bersamaan dengan renovasi Pasar Wonokarto, tahun lalu. Panjangnya sekitar 15 meter dan lebar satu meter, awalnya,” kata dia, Kamis (1/3/2018). Anggaran renovasi sekitar Rp800 juta.

Baca Juga :  Siapa Sebenarnya Ketua DPRD Wonogiri Pengganti Setyo Sukarno? Kalau PDIP Usulkan Sriyono Sang Ketua Komisi IV

Namun, oleh pedagang pasar, sebut dia, kanopi kurang memadai. Akhirnya ditambah lebarnya secara swadaya oleh pedagang. Penambahan itu mengakibatkan bertambahnya rangka dan atap asbes kanopi.

“Karena ada tambahan, menjadikan beban terlalu berat dan tidak kuat, akhirnya ambruk. Kalau tidak ditambahi sebenarnya kuat meskipun tanpa tiang. Sebab sudah diperhitungkan secara matang dari sisi konstruksinya,” sebut dia.

Baca Juga :  Woro-woro Sedulur Wonogiri, Kini Ada Pelayanan Cepat Terpadu Alias Yanpatdu di Polres Wonogiri, Ngurus SKCK Hingga Kehilangan Bisa Lebih Cepat dan Mudah

Namun demikian, menurut dia, tidak bijak jika lantas mencari-cari kesalahan. Yang jelas pihaknya akan segera memperbaiki kerusakan tersebut, serta segera mendirikan kembali kanopi yang ambruk.

“Termasuk nanti kami benahi kelistrikan yang ikut rusak,” tandas dia. Aris Arianto