JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Linmas Wonogiri Wajib Tanggap Bencana dan Tangguh Kamtibmas  

Anggota Satlinmas Wonogiri
Anggota Satlinmas Wonogiri

WONOGIRI-Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa menyebutkan, anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) memiliki peran strategis dalam menjaga kamtibmas. Selain itu mengingat daerah Wonogiri yang rentan terjadi bencana alam Satlinmas dituntut menguasai metode evakuasi korban bencana.

“Jadi harus tanggap bencana dan tangguh kamtibmas. Ingat beberapa wilayah di Wonogiri itu rawan bencana,” tegas Wabup, Rabu (21/3/2018).

Terkait menjaga kamtibmas, anggota Satlinmas juga akan dilibatkan secara aktif menghadapi gangguan keamanan. Diantaranya antisipasi terorisme maupun radikalisme.

Baca Juga :  Sedulur Warga PSHT Wonogiri, Ini Lho Perintah Ketua PSHT Cabang Wonogiri Joko Prihanto. Diantaranya Tidak Bergerak ke Solo Tetap di Rumah, Patuh Protokol Kesehatan Termasuk Hindari Kerumunan Massa

Anggota Linmas, tutur Wabup, diharapkan juga mampu mendeteksi secara dini kemungkinan masuknya orang tak dikenal atau asing yang ingin berbuat jahat di suatu wilayah.

“Antisipasi harus melibatkan semua pihak, termasuk anggota Linmas di desa/kelurahan. Karena, anggota Linmas itu paling mengetahui dan menguasai wilayah masing-masing,” ungkap dia

Langkah nyata yang perlu dilakukan anggota Linmas terkait hal itu, disebutkan Wabup cukup bervariasi. Misalnya menghidupkan lagi kegiatan siskamling guna mengantisipasi pelaku tindak kejahatan masuk ke daerah. Namun Linmas perlu mengedepankan komunikasi dan koordinasi, terutama dengan aparat TNI/Polri.

Baca Juga :  Baru Tahu Ternyata Cakupan ASI Eksklusif Masih di Angka 48 Persen Padahal Bisa Meningkatkan Imun Bayi Lho

Menurut dia perkembangan IT  secara positif banyak memberikan  infomasi dan kecepatan data. Tapi sisi negatifnya adalah semakin maraknya kriminalitas. Satlinmas sebagai perwakilan masyarakat diharapkan semakin peka dengan kondisi dan situasi di sekitarnya.

Lebih lanjut dia menyatakan salut kepada warga Wonogiri yang mau bergabung sebagai Satlinmas. Pekerjaannya penuh resiko namun selalu dijalani berlandaskan keikhlasan. Aris Arianto