JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Macan Tutul yang Hampir Punah Ini Bikin Heboh di Permukiman Bantarkawung Brebes

Ilustrasi/Tribunnews

BREBES – Keberadaan binatang buas seperti macan tutul di permukiman warga, biasanya menjadi pertanda terjadinya sesuatu di habitatnya. Namun benarkah yang terjadi di Brebes menunjukkan pertanda itu?

Warga Desa Kebandungan dan Sindangwangi, Kecamatan Bantarkawung, Brebes, dihebohkan dengan munculnya seekor macan tutul yang masuk ke pemukiman warga.

Meskipun belum ada korban, namun warga khawatir hewan liar itu melukai mereka atau pun hewan ternak yang ada di perkampungan.

Kucing besar itu beberapa kali dilihat oleh warga. Bahkan ada warga yang sempat mengambil foto dan dibagikan ke media sosial.

Baca Juga :  BPIP Cermati Gaya Khas Ganjar saat Berikan Edukasi Ideologi Pancasila.

Karena was-was ketika beraktivitas dan untuk mengantisipasi serangan macan tutul, warga bergiliran untuk melakukan ronda malam.

Kapolres Brebes, AKBP Sugiarto, melalui Kapolsek Bantarkawung, Iptu Hasari, membenarkan adanya warga yang melihat seekor macan tutul yang berkeliaran di desa tersebut.

“Kami mengajak para pemuda untuk melakukan ronda malam menjaga situasi dari berbagai kemungkinan akibat munculnya macan tutul yang turun ke pemukiman warga itu,” kata Hasari, Jumat (23/3/2018).

Kapolsek juga mengimbau kepada warga untuk tidak asal menangkap atau melakukan perburuan masal. Lantaran hewan bertaring itu termasuk yang terancam punah.

Baca Juga :  Tegakkan Disiplin Protokol Kesehatan, 1.453 Pelanggar di Kudus Terjaring Razia

“Warga yang melihatnya kami harapkan warga tidak mengganggu hewan buas tersebut. Karena selama ini pun tidak ada gangguan dari hewan buas, baik kepada manusia ataupun ternak warga,” tandasnya.

Saat siang hari pun pihaknya akan terus melakukan patroli demi keamanan dan kenyamanan warga.

Hasari meminta Pemkab Brebes atau pihak terkait melakukan tindak lanjut dengan adanya kemunculan macan tutul itu. Harapannya agar tetap berada di habitatnya.

www.tribunnews.com