JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Mobil Desa Kiat Mahesa Wintor siap Meluncur, ini Spesifikasinya

Platform Alat Mekanis Multiguna Pedesaan dipamerkan di Kantor Kementerian Perindustrian, Selasa 27 Maret 2018. TEMPO/Fery Firmansya
   

 

Platform Alat Mekanis Multiguna Pedesaan dipamerkan di Kantor Kementerian Perindustrian, Selasa(27/3/2018) . Foto: Tempo.co

JAKARTA– Saat ini PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) tengah mempersiapkan peluncuran alat mekanisasi multiguna pedesaan (AMMDes) alias mobil pedesaan bermerek KMW. KMW merupakan kependekan dari Kiat Mahesa Wintor. KMW adalah hasil kolaborasi dari PT Kiat Inovasi yang memproduksi kendaraan pedesaan Mahesa dan PT Velasto Indonesia yang memasarkan alat angkut pertanian Wintor.

Menurut Direktur Velasto Indonesia, Reza Treistanto, prototipe KMW sudah menjalani pengujian sejak bulan ini. Namun, kata dia, uji ketahanan di jalan raya baru akan berlangsung pada Mei mendatang. Setelah semua pengujian rampung, PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) selaku produsen KMW akan mendirikan dua pabrik perakitan.

“Rencananya akan berlokasi di Klaten dan Bekasi,” kata dia saat ditemui di Kantor Kementerian Perindustrian, Selasa(27/3/2018).

Baca Juga :  116 Laporan ke Bawaslu Tak Ditindaklanjuti, TPN Ganjar-Mahfud Bawa 10 Boks Alat Bukti ke MK

Reza mengatakan KMW akan dipasarkan dalam beberapa tipe yakni mobil bak dan dump truck ringan yang dilengkapi penggerak hidrolik, mobil penumpang biasa, kendaraan flat deck alias bak rata, mobil pick up, hingga kendaraan yang bisa diintegrasikan dengan alat pertanian.

“Khususnya untuk peralatan pasca panen seperti mesin giling padi,” ujarnya. Agar bisa menjalankan beragam fungsi, KMW dilengkapi peranti power take off (PTO) yang terhubung dengan mesin.

Untuk urusan mesin, KMW dilengkapi dengan dua opsi penggerak yakni engine berbahan bakar diesel dan bensin. Reza mengatakan pada tahap pertama Mobil desa KMW akan dibuat dalam versi mesin diesel. Kapasitas silindernya 550 cc dan akan menghasilkan tenaga 14 daya kuda. “Kami ada dua opsi mesin diesel, dari Kubota serta TRD,” kata Reza. Untuk KMW bermesin bensin, Reza belum memerinci spesifikasinya.

Baca Juga :  Banjir dan Tanah Longsor di Bandung Barat, 9 Orang Hilang dan 300-an Warga Ngungsi

Berikut ini spesifikasi prototipe mobil desa KMW
– Dimensi : panjang 341 centimeter, lebar 136 centimeter, tinggi 194 centimeter.
– Bobot total : 800 kilogram.
– Tipe mesin : diesel 550 cc bertenaga 14 daya kuda.
– Kecepatan maksimum : 40 kilometer per jam.
– Engine starter : elektrik.
– Kapasitas tangki bahan bakar : 9 liter.
– Penggerak : roda belakang.
– Ukuran velg : 15 inci.
– Jarak sumbu roda : 190 centimeter.
– Sistem kemudi : rack and pinion.
– Radius putar : 4 meter
– Rem : cakram di empat roda.
– Transmisi : manual empat percepatan maju dan satu mundur.
– Daya angkut : 700 kilogram (jalan datar), 500 kilogram (mendaki).

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com