JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Pemkab Wonogiri Buka Lowongan Kerja ke Korea Selatan, Gaji 30 Juta 3 Bulan Sekali Bisa Mudik

Tim Disnakertrans Wonogiri saat berkunjung ke salah satu kantor PPTKIS.JSNews/Aris Arianto
   
Tim Disnakertrans Wonogiri saat berkunjung ke salah satu kantor PPTKIS.JSNews/Aris Arianto

WONOGIRI-Upaya mengurangi angka pengangguran terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri. Salah satunya dengan membuka lowongan kerja ke Korea Selatan

Hal tersebut dilakukan mengingat kondisi ketenagakerjaan di Jepang sangat menjanjikan. Tidak hanya dari sisi finansial, dari segi perlindungan tenaga kerja, dan kesempatan bisa pulang kampung ke Wonogiri lebih baik.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Wonogiri, Ristani didampingi Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Edy Triyono mengaku sudah ada jalinan kerjasama Sister To Sister (S to S) antara tujuh kabupaten di Jateng, termasuk Wonogiri, dengan Korea Selatan. Jalinan kerjasama dalam bentuk penempatan tenaga kerja di bidang pertanian.

Baca Juga :  Persempit Ruang Gerak Aksi Tawuran hingga Balap Liar selama Ramadhan 2024 ini yang Dilakukan Aparat

“Yang dibutuhkan 200 tenaga kerja,” jelas dia, Kamis (8/3/2018).

Tenaga kerja yang berhasil lolos, nantinya bekerja di pertanian Korea Selatan. Bekerja selama tiga bulan penuh, selanjutnya tiga bulan berikutnya bisa mudik ke Wonogiri. Kemudian tiga bulan lagi bekerja kembali dan demikian seterusnya.

“Gajinya bisa sampai Rp 30juta per bulan, kesempatan ini bisa berlanjut terus ke depannya,” tandas dia.

Selain ini, pihaknya juga membuka pangsa tenaga kerja di Jepang. Pasalnya peluang kerja di Negeri Sakura tersebut sangat menjanjikan, utamanya dari sisi finansial.

Baca Juga :  Wajib Tahu!Jadwal Oneway Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024 via Tol Cipali

Pihaknya mengaku sangat ingin warga Wonogiri banyak yang bekerja di kedua negara itu. Pasalnya, jelas bakal mengurangi pengangguran. Secara otomatis, gaji yang tinggi juga meningkatkan kesejahteraan.

Kebanyakan, imbuh dia, TKI setelah kembali ke Wonogiri, memiliki kelebihan. Utamanya masalah kepribadian,yakni memiliki tanggung jawab tinggi serta kedisiplinan.

“Saat ini jumlah pengangguran sekitar 15 ribu orang, menurun daripada tahun aku sebanyak 18 ribuan orang,” sebut dia. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com