JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Reaksi Pramono Anung Disebut Terima Uang Korupsi E-KTP oleh Setya Novanto

Pramono Anung. Foto/Tempo.Co
   
Pramono Anung. Foto/Tempo.Co

JAKARTA- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat periode 2009-2014 Pramono Anung mengeluarkan bantahan terkait pernyataan mantan Ketua DPR RI sekaligus terdakwa dugaan korupsi pengadaan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP), Setya Novanto.

Ia membantah kesaksian Setnov yang mengatakan Pramono menerima uang US$ 500 ribu dari pengusaha Made Oka Masagung yang kini berstatus tersangka. Pramono mengatakan dia tidak ada sangkut paut dengan proyek E-KTP yang merugikan negara Rp 2,3 triliun itu.

“Sama sekali tidak berhubungan dengan Komisi II dan juga sama sekali tidak berhubungan dengan Badan Anggaran,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (22/3/2018).

Pramono menjelaskan saat itu dia menjabat sebagai Wakil Ketua DPR bidang Industri dan Pembangunan yang mengkoordinasikan Komisi IV sampai Komisi VII.

Baca Juga :  Ini Sikap Timnas AMIN Jika Gugatannya Soal Sengketa Pilpres Sampai Ditolak MK

Dalam sidang di Pengadilan Tipikor hari ini, Setya Novanto mengatakan tahu adanya aliran duit ke Pramono Anung dari pengusaha Made Oka Masagung. Uangnya sebesar US4 500 ribu. Hal itu diketahui Made Oka mengunjungi rumah Setya.

Tapi keterangan Setya dibantah Pramono. Menurut Sekretaris Kabinet ini, tidak masuk akal bila ada orang yang mencoba menyuapnya demi memuluskan proyek e-KTP di DPR. Alasannya, dia tidak memiliki kewenangan dan kedudukan yang membuatnya bisa mengambil keputusan terkait hal itu.

“Lah dalam hal ini saya itu enggak pernah ngomong satu kata pun yang berkaitan, berurusan dengan e-KTP,” ujarnya.

Baca Juga :  Pakar: Ekskalasi Konflik Iran-Israel Berpotensi Picu Inflasi

Ia menjelaskan para pejabat saat itu yang saat ini telah diperiksa di persidangan tidak ada yang pernah berbicara dengannya tentang e-KTP. Pramono membenarkan dia mengenal Made Oka Masagung. Namun dia tidak mengenal Andi Agustinus alias Andi Narogong, pengusaha lain yang kini menjadi terpidana.

Kedekatan Pramono Anung dengan Made Oka Masagung, kata dia, lantaran keluarga Masagung dekat dengan Bung Karno. Selain itu, ia berteman dekat dengan kakak dari Made Oka Masagung, Putra Masagung. Tapi ia membantah pernah berbicara tentang e-KTP dengan Made Oka.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com