JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Sentra Durian Ngambarsari, Karangtengah, Buahnya Legit Harganya Murah

Buah durian Wonogiri. Aris Arianto
Buah durian Wonogiri

WONOGIRI-Sentra buah durian Wonogiri, ternyata bukan hanya di Dusun Pogog, Desa Tengger, Kecamatan Puhpelem. Tanaman durian juga banyak dijumpai di Desa Ngambarsari, Kecamatan Karangtengah.

Menariknya, harga durian lokal Ngambarsari tidak semahal durian lainnya. Satu buah durian yang sudah masak, bisa didapatkan hanya dengan mengeluarkan kocek sekitar Rp20 ribu.

“Tapi rasanya tidak kalah bersaing, enak dan legit,” ungkap Kepala Desa (Kades) Ngambarsari, Fitri Hanani, Senin (19/3/2018).

Tidak mengherankan, lanjut dia, durian Ngambarsari selalu laris manis. Berapapun produksi yang dihasilkan, dipastikan habis tidak tersisa, diborong pedagang untuk dijual kembali ke pasar maupun pembeli yang datang langsung.

Baca Juga :  Dari Konfercab PGRI Cabang Giritontro Wonogiri, Joko Pudyanto Terpilih Sebagai Ketua, Berharap Kepengurusan Anyar Bisa Beri Warna Baru dan Wujudkan Hal ini

Dari 15 Dusun yang ada di daerah dingin perbukitan Karangtengah itu, menurut Fitri, sebagian digunakan untuk budidaya durian. Yakni Dusun Ngambar Kulon, Bawang, Sambi, Sempu, dan Klepu. Dusun lainnya adalah Soko, Pojok, Ngambar Etan, Godang, Jati, Ngunut, Tanggung, Bulu, Nglanjeb, dan Klesem.

Melihat permintaan pasar yang tidak bisa dipenuhi, pihaknya akan mengembangkan budidaya durian di 10 dusun lainnya.

Keberadaan tanaman durian, disebutkan dia sangat membantu perekonomian warga. Satu pohon durian bisa menghasilkan 100 buah dalam satu masa panen. Satu rumah di lima dusun itu ada yang memiliki lima bahkan 10 pohon durian.

Baca Juga :  Ada Balap Lari di Wonogiri, Bupati Joko Sutopo Alias Jekek Tekankan yang Penting Patuh Protokol Kesehatan

“Tinggal mengalikan saja berapa uang yang bisa didapat. Padahal budidaya yang kami laksanakan belum maksimal,” ujar dia.

Selama ini belum ditemukan hama yang menganggu produktifitas durian Ngambarsari. Kendala hanya dari faktor cuaca. Ketika tanaman tengah berbunga dan hujan turun dengan intensitas tinggi, biasanya produktifitas menjadi terganggu. Banyak bunga rontok dan tidak bisa berbuah. Aris Arianto