JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

9 Gempa Susulan Landa Kalibening, Warga Tak Berani Pulang

Warga berhamburan saat terjadi gempa susulan di Banjarnegara.Dok.BNPB
   
Warga berhamburan saat terjadi gempa susulan di Banjarnegara.Dok.BNPB

BANJARNEGARA-Sedikitnya sembilan kali gempa susulan melanda Kalibening, Banjarnegara. Hingga kini warga masih bertahan di pengungsian alias belum berani pulang.

Kepala BNPB Willem Rampangilei, Minggu (22/4/2018) mengatakan, gempa susulan berkekuatan 3,4 SR kembali guncang Kecamatan Kalibening Kabupaten Banjarnegara pada Sabtu (21/4/2018) pukul 18.19 WIB. Pusat gempa 25 kilometer utara Banjarnegara dengan kedalaman hanya satu kilometer.

Baca Juga :  Begini Luas Dampak Gempa Tuban, di Surabaya, 160 Pasien Dievakuasi dari RS Airlangga

“Pusat gempa di darat dengan sangat dangkal,” kata dia.

Gempa terasa kuat selama 10 detik di Desa Kasinoman dan Sidokangen Kecamatan Kalibening. Gempa menimbulkan suara bergemuruh sehingga arga panik dan berhamburan ke luar rumah. Enam orang dilaporkan luka-luka, dimana lima orang sudah dibolehkan pulang dan seorang masih dirawat di puskesmas.

“Banyak anak-anak dan lansia di tenda dengan fasilitas minim. Mereka masih trauma. Mereka masih belum berani masuk ke rumahnya sejak gempa pada 18 April 2018 karena banyak rumah yang rusak. BPBD dan aparat masih melakukan pemantauan dampak gempa,” ujar dia.

Baca Juga :  Gugatan PHPU Pilpres 2024, Mahfud MD Optimis Hakim MK Jatuhkan Putusan Monumental, Asal Berani

Hingga saat ini sudah terjadi gempa susulan sebanyak sembilan kali sejak gempa 4.4 SR pada 18 April lalu. Masyarakat dihimbau tetap tenang dan waspada. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com