JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

9 Gempa Susulan Landa Kalibening, Warga Tak Berani Pulang

Warga berhamburan saat terjadi gempa susulan di Banjarnegara.Dok.BNPB
Warga berhamburan saat terjadi gempa susulan di Banjarnegara.Dok.BNPB

BANJARNEGARA-Sedikitnya sembilan kali gempa susulan melanda Kalibening, Banjarnegara. Hingga kini warga masih bertahan di pengungsian alias belum berani pulang.

Kepala BNPB Willem Rampangilei, Minggu (22/4/2018) mengatakan, gempa susulan berkekuatan 3,4 SR kembali guncang Kecamatan Kalibening Kabupaten Banjarnegara pada Sabtu (21/4/2018) pukul 18.19 WIB. Pusat gempa 25 kilometer utara Banjarnegara dengan kedalaman hanya satu kilometer.

“Pusat gempa di darat dengan sangat dangkal,” kata dia.

Baca Juga :  Korban Mutilasi dalam Kantong Kresek Bikin Geger Warga Kalibata City

Gempa terasa kuat selama 10 detik di Desa Kasinoman dan Sidokangen Kecamatan Kalibening. Gempa menimbulkan suara bergemuruh sehingga arga panik dan berhamburan ke luar rumah. Enam orang dilaporkan luka-luka, dimana lima orang sudah dibolehkan pulang dan seorang masih dirawat di puskesmas.

“Banyak anak-anak dan lansia di tenda dengan fasilitas minim. Mereka masih trauma. Mereka masih belum berani masuk ke rumahnya sejak gempa pada 18 April 2018 karena banyak rumah yang rusak. BPBD dan aparat masih melakukan pemantauan dampak gempa,” ujar dia.

Baca Juga :  Viral Video Emak-emak Gunting Bendera Merah Putih, Tiga Orang Diperiksa. Polisi Ungkap Motif dan Dalami Dugaan Provokasi

Hingga saat ini sudah terjadi gempa susulan sebanyak sembilan kali sejak gempa 4.4 SR pada 18 April lalu. Masyarakat dihimbau tetap tenang dan waspada. Aris Arianto