JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Hari ini, 11.000 Siswa di Solo Ikuti USBN Jenjang SMP

Tempo.co
   
Ilustrasi Tempo.co

SOLO– Sebanyak 11.706 peserta mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2018 jenjang SMP di Kota Solo. USBN dilaksanakan Senin (9/4/2018) hingga Senin (16/4/2018) dan diikuti peserta dari 86 sekolah dimana 27 diantaranya SMP Negeri.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Dasar SMP Dinas Pendidikan kota Surakarta, Bambang Wahyono, USBN jenjang SMP digelar serentak seluruh Indonesia.

“Dan tahun ini merupakan yang pertama kali dimana hasil atau nilainya menjadi penentu utama kelulusan siswa dari sekolahnya l. Namun tetap dikolaborasikan dengan nilai Ujian Nasional yang tahun ini di Surakarta 100 persen Sekolah menggunakan sistem komputer,” paparmya, Senin (9/4/2018).

Baca Juga :  PDIP dikabarkan  Bakal Merapat ke Prabowo, Begini  Reaksi Gibran

Bambang mengatakan, sedangkan USBN susulan dijadwalkan mulai 30 April hingga 8 Mei 2018, atau setelah pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer UNBK.

“Ujian Susulan USBN ini mengakomodasi siswa yang tidak dapat mengikuti USBN karena berbagai faktor. Misalnya karena ada anak yang sekiranya tidak ikut karena berhalangan hadir, faktor lain, USBN  ini sangat menentukan keberhasilan kelulusan anak tamat di SMP itu, itu nanti juga ditopang kelulusan dari faktor Ujian nasional yang CBT itu,” tegasnya.

Baca Juga :  Teguh Prakosa, Wakil Gibran Akan Daftar Jadi Calon Walikota Solo, Yakin Partainya Melihat Figur Internal

Sementara itu, secara teknis pelaksanaan USBN menggunakan lembar jawab komputer LJK , karena USBN yang baru pertama dilaksanakan pada jenjang SMP di seluruh Indonesia masih berbasis kertas. Seluruh mata pelajaran diujikan dalam USBN , namun untuk  naskah soal, khusus mata pelajaran Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, IPA, dan IPS merupakan perpaduan antara naskah soal dari daerah dan dari pusat dengan perbandingan 75 persen dari daerah dan 25 persen dari pusat. Triawati Prihatsari Purwanto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com