JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Jelang Mayday di Wonogiri, Buruh dan Pengusaha Ingatkan Tahun Politik dan Kewajiban BPJS

Rakor persiapan Mayday di Wonogiri
Rakor persiapan Mayday di Wonogiri

WONOGIRI-Menjelang peringatan Hari Buruh Internasional 1 Mei atau Mayday, kalangan buruh dan pengusaha di Wonogiri saling mengingatkan terhadap situasi terkini.

Sejumlah pihak seperti serikat buruh, pengusaha, Pemkab Wonogiri dan Polres Wonogiri menggelar rapat koordinasi menjelang Mayday. Rakor dilaksanakan di Mapolres Wonogiri, Kamis (26/4/2018).

Siswanto, Ketua SPSI Wonogiri, menyatakan, memahami bahwa hari buruh adalah sebuah hari bersejarahnya para kaum buruh. Namun pihaknya mengarahkan dalam bentuk kegiatan yang positif. Misalnya sarasehan, atau syukuran.

Baca Juga :  Permasalahan Kata Nyawiji di Tagline Josss dan Harjo, Begini Komentar Kedua Paslon

“Kami sudah berkomunikasi dengan Pemkab Wonogiri untuk mengingatkan perusahaan dan para pengusaha dan kantor BPJS untuk aktif memperhatikan jaminan kesehatan keselamatan kepada para karyawan perusahaan,” kata dia.

SPSI juga tidak menutup mata mengenai para pekerja. SPSI berkoordinasi dengan tim pemantau perlindungan anak untuk selalu mengawasi para pengusaha dalam merekrut tenaga kerja agar benar-benar sudah sesuai aturan, misalnya soal batasan umur.

Edy Purwanto, Ketua Organda Wonogiri, berujar di Wonogiri peringatan hari buruh selama ini selalu disikapi dengan baik dan bijaksana baik oleh karyawan maupun perusahaan. Keduanya selalu berjalan harmonis.

Baca Juga :  Sudah Bolehkah Menggelar Hajatan di Wonogiri Saat Pandemi ini? Begini Lur Jawaban Plt Bupati Edy Santosa

“Di tahun-tahun politik ini kami mengajak jangan sampai ada yang mau ditarik-tarik ke arah agenda politik dalam peringatan Mayday di Wonogiri,” ujar dia.

Kapolres AKBP Robertho Pardede meminta setiap kegiatan untuk selalu dikoordinasikan dengan kepolisian. Hal itu bertujuan menjaga kamtibmas dan kondusifitas suasana di Wonogiri. Aris Arianto