JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Kenalkan Solo Melalui Karya Foto, FINIC UMS Gelar Pameran Fotografi

Suasana pameran foto yang di gelar oleh FINIC UMS. Tim Akademia UMS
   
Suasana pameran foto yang digelar oleh FINIC UMS.
Tim Akademia UMS

Fotografi Komunikasi Informatika Club (FINIC) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar pameran fotografi yang bertemakan “Solo Di Mataku: Visualisasi Ragam Eksotisme” pada akhir bulan lalu, tepatnya Selasa-Rabu (27-28 Maret 2018). Acara ini diselenggarakan di  Auditorium Djazman kampus 1 Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), dihadiri oleh beberapa universitas lain, seperti Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas  Negeri Yogyakarta (UNY) dan lain sebagainya.  Beberapa tamu yang hadir dalam acara pameran tersebut tampak antusias mencari inspirasi guna menjalin silahturahmi antar Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan universitas.

Vega Krisdana selaku Ketua panitia acara pameran mengungkapkan tujuan diadakannya pameran fotografi ini untuk lebih memperkenalkan Solo kepada mahasiswa yang berasal dari luar Jawa.

“Selain mahasiswa pribumi, sebagian peserta adalah mahasiswa rantau. Nah, masing-masing dari mereka menggambarkan seperti apa Solo di mata mereka, dengan mencari objek yang menggambarkan Solo,” ungkapnya.

Acara yang berlangsung dua hari ini,dirangkai beragam kegiatan yang menarik. Pada hari pertama acara dimulai dengan pembukaan dari Agus Triyono, selaku Wakil Dekan (WD) 1 Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI) UMS, dilanjutkan dengan pameran. Dalam sambutannya Agus Triyono memaparkan bahwasanya sebuah pameran tidak harus diselenggarakan di kampus, tapi bisa di luar kampus juga.

“Semisal di Gatak, ada perajin rotan, kita mengabdi kepada masyarakat di sana, mempotrait kegiatan lalu mengadakan pameran di Balai Desa, nanti hasil karyanya bisa menjadi kenang-kenangan warga di sana. Dan kita bisa belajar bahwa di sana ada potensi yang bisa dibanggakan,” jelasnya

Foto bersama para peserta sarasehan materi fotografi.
Tim Akademia UMS

Sedangkan hari kedua, pameran diisi dengan materi fotografi. Dalam materi fotografi ini, para peserta diberikan pengetahuan mengenai pemahaman segala bentuk foto seperti foto jurnalistik, foto still life, hingga foto tentang alam.

Dias Alviyanto, salah satu pengunjung dari Yogyakarta mengakui awalnya niat datang ke pameran tersebut tidak hanya untuk main atau mencari hiburan. “Selain hanya main-main, niatnya juga menyambung silaturahmi dan menumbuh kembangkan inspirasi dalam fotografi, karena kebanyakan masih anak-anak baru jadi nambah kenalan juga,“ ujarnya.

Melalui acara pameran ini panitia berharap para mahasiswa, khususnya para pengunjung bisa lebih mengenal Solo. Selain itu apresiasi juga turut diberikan kepada mahasiswa yang telah berkontribusi dalam kegiatan pameran fotografi ini. (TIM PRODI ILMU KOMUNIKASI UMS / Khairul Syafuddin / Alvin Daffa. Penanggung Jawab Sidiq Setyawan, M.Ikom)

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com