JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Punya Grojogan Alam Nan Indah, Desa di Lereng Gunung Lawu Ini Dinobatkan Maju Lomba Desa 2018. Berikut Profilnya..

Penilaian Lomba Desa 2018. Foto/Humas Kab
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Penilaian Lomba Desa 2018. Foto/Humas Kab

KARANGANYAR – Desa Menjing di Kecamatan Jenawi dinobatkan menjadi salah satu desa terbaik dan maju ke lomba desa tingkat kabupaten 2018. Desa ini memiliki penduduk sebanyak 2.470 jiwa dan luas wilayah 378.250 Ha terletak di Kecamatan Jenawi dan terbagi atas 3 Dusun dengan 23 RT dan 9 RW. Desa yang sebagian besar penduduk bermata pencaharian sebagai petani dan berdagang memiliki kelompok usaha dan Kelompok Petani (Gapoktan) di tiap Dusun.

Selain itu, karena letaknya berada di lereng Gunung Lawu, Desa Menjing yang dikaruniai alam yang luar biasa sehingga memiliki potensi wisata yang luar biasa seperti Grojogan Grenjengan dan kolam renang alam yang akan dikembangkan oleh Desa.

Baca Juga :  Ribuan Pengurus Anak Ranting PDIP Karanganyar Terbentuk, Ketua DPC Target Pengurus Ranting dan PAC Kelar Agustus Ini!

Asisten Administrasi Sekretariat Daerah Sutarno mewakili Pjs Bupati Karanganyar dalam sambutannya mengatakan Lomba Desa dan Kalurahan yang dilaksanakan saat ini oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Karanganyar merupakan salah satu bentuk kompetisi persaingan pembangunan yang dilaksanakan partisipatif dan obyektif oleh masyarakat. Sehingga peran aktif masyarakat dalam upaya membangun desanya masing-masing diperlukan kebersamaan dan kegotongroyongan warga.

“Kepada Kepala Desa dan Perangkatnya, tolong berikan data dukung serta informasi terkait indikator penilaian yang dibutuhkan oleh tim evaluasi Kabupaten dengan sejujur-jujurnya”, harap Sutarno saat membacakan Sambutan Pjs Bupati Karanganyar dalam acara Kunjungan Tim Evaluasi Kabupaten Karanganyar di Aula Desa Menjing, Kamis Siang (12/4/2018).

Baca Juga :  Kajari Karanganyar Sebut Sapi Kurbannya Dibeli dari Wonogiri. Penyembelihan Dipantau dan Diperiksa Tim Disnakkan

Lebih lanjut Sutarno menambahkan supaya lomba ini memberikan manfaat bagi desa dan diperoleh juara yang terbaik serta mampu memberikan yang terbaik juga untuk mewakili Kabupaten Karanganyar mengikuti lomba yang sama di tingkat Propinsi Jawa Tengah.

Sementara itu, Utomo Sidi Kepala Dinas Perberdayaan Masyarakat dan Desa dalam laporannya mengatakan penilaian lomba desa di tingkat Kabupaten ada beberapa aspek penilaian seperti : evaluasi bidang Pemerintahan, evaluasi bidang kewilayahan dan evaluasi bidang kemasyarakatan (Pendidikan, Kesehatan, Keamanan dan Ketertiban, serta Ekonomi).

“Pemilihan Desa Menjing dan peserta lomba Desa telah melalui seleksi yang ketat di Kecamatan dan Kabupaten”, Kata Utomo Sidi. Wardoyo