JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Saat Prabowo Subianto Sebut Wartawan Belum Elite. Sorry, Lu Masih…?

Prabowo Subianto. Foto/Tempo.Co
   
Prabowo Subianto. Foto/Tempo.Co

DEPOK- Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto kembali menyebut soal profesi jurnalistik atau wartawan. Kali ini, pendiri Gerindra yang digadang-gadang bakal dicalonkan kembali menjadi Capres di Pilpres 2019 itu menyampaikan perhatiannya kepada profesi jurnalis.

Hal itu disampaikannya saat menemui pendukungnya di Hotel Bumi Wiyata Depok, Jabar Minggu (1/4/2018). Prabowo mengatakan wartawan yang bergaji kecil punya hati yang sama dengan rakyat yang mendukung dirinya.

Wartawan sekarang banyak nyamar. Tapi kalau wartawan baik-baik, mereka sama hatinya dengan kita karena gajinya kecil. Mereka yang gajinya kecil itu hatinya sama kita,” kata Prabowo.

Prabowo juga berujar bahwa wartawan bukan termasuk dalam bagian elite, yaitu unsur-unsur pimpinan atau orang-orang yang paling terdidik bangsa. “Wartawan belum elite. Sorry, lu masih… Pemimpin Redaksi elite. Apalagi pemilik media. Itu elite banget itu,” katanya.

Baca Juga :  Putusan Sengketa Pilpres 2024, Tinggal Menunggu Hati Nurani dan Keberanian MK

Sindiran Prabowo pada wartawan bermula ketika ia  membahas saat masih aktif di dunia militer. Prabowo menceritakan para prajuritnya kebanyakan orang Sunda. Prajurit Sunda, kata Prabowo, memiliki ciri khas tubuh yang halus.

“Tapi kalau sudah perang, harimaunya keluar. Mereka sangat berani dalam pertempuran. Kalau sudah perang, mereka tidak mau tiarap. Mereka nyerang sambil mengeluarkan kata-kata yang saya enggak boleh sebut karena banyak kamera di sini. Wartawan banyak, ya, saya lihat,” ujarnya.

Kemudian, Prabowo menunjuk salah satu wartawan berseragam merah. “Oh TV One, baju merah oke. Friend. Yang lain enggak berani pakai seragam,” katanya. Prabowo pun menyampaikan bahwa ia juga alergi dengan salah satu stasiun televisi. Namun, ia enggan menyebut nama stasiun televisi itu. “Saya enggak sebut nama ya. Enggak etis. Tapi namanya mulai dengan M. Tapi saya enggak sebut namanya.”

Baca Juga :  Jimly Asshiddiqie Ajak Semua Pihak Move On dan Menerima Usai Putusan MK

Prabowo bukan sekali ini menyebut gaji wartawan kecil. Pertengahan tahun lalu, Prabowo mengatakan bahwa ia tahu wartawan bergaji kecil karena terlihat dari wajahnya. “Kita juga bela wartawan. Gaji kalian juga kecil kan?” tanya Prabowo kepada wartawan pada Kamis 17 Agustus 2017.

Namun pertanyaan itu tak sungguh-sungguh dia lontarkan. Karena ia menjawab sendiri pertanyaannya dengan gurauan. “Tahu (saya), kelihatan dari muka kalian,” ujar Prabowo yang diikuti gelak tawa.

Prabowo lalu mencoba meneruskan penjelasannya. Menurut Prabowo, setelah melihat wajah para wartawan, yang sebagian besar lusuh, membuatnya berpikir bahwa awak media tak pernah belanja di mal. “Betul kan? Hayo… jujur,” kata Prabowo.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com