JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Sensasi Membaca Buku di Antara Semilir Angin dan Bunyi Cenggaret, Hanya Ada di Sini

Tribunnews

BANTUL – Membaca buku di i perpustakaan pasti sudah biasa, baca buku di sekolah apalagi. Baca buku di mall tampaknya juga sudah biasa. Ini dia yang tidak biasa, mbaca buku di objek wisata.

Adalah Alas Literasi yamg terletak di  Banjarharjo  Dusun Banjarharjo, Desa Muntuk, Dlingo, Bantul. Lokasi ini menjadi tempat wisata yang berbeda dibandingkam destinasi wisata lainnya.

Pasalnya, di lahan seluas 3.800 meter persegi ini para pengunjung bisa menikmati spot wisata sambil membaca buku.

Menariknya, buku-buku itu sudah tersaji di pojok baca dan di atas meja.

Seorang pengunjung asal Maguwoharjo, Sleman, Taufik, menuturkan, alas Literasi Banjarharjo menjadi spot wisata edukatif yang menambah wawasan.

Baca Juga :  Antisipasi Penularan Covid-19, Wisatawan Malioboro Dilarang Salat di Masjid Kompeks DPRD untuk Sementara

“Disini ada buku-buku ya. Jadi, bagi orang dewasa ini sangat edukatif dan menambah wawasan. Sementara untuk anak-anak mungkin kedepan, buku-buku anak-anak bisa ditambah lagi,” ujarnya saat ditemui tengah membaca buku di alas Literasi Banjarharjo, Sabtu (07/04/2018)

Menurutnya, fasilitas yang ada saat ini cukup memadai. Apalagi alas Literasi ini berada diatas lahan dengan pepohonan mahoni yang rindang.

Membuat suasana baca semakin nyaman dan tenang.

“Menurut saya ini unik. Saya baru pertama kali makan dengan suasana natural ditengah hutan. Suara binatang masih sangat kental. Saya pribadi cocok karena buku bermanfaat,” ungkapnya.

Baca Juga :  Di Tengah Pandemi Covid-19, UMY Mulai dengan Kuliah Tatap Muka

“Jadi, datang kesini bukan hanya untuk makan dan selfie. Tapi bisa juga untuk menambah wawasan dengan membaca buku,” ungkapnya.

Para pengunjung yang datang, akan disambut dengan Gapura dan jalan setapak diantara deretan pepohonan mahoni yang rindang.

Beberapa gazebo yang sudah dihiasi kelambu putih dan bunga menjadi spot selfie instagramable. Ada satu warung di Alas Literasi ini.

Menariknya, sembari menunggu makanan yang dipesan, para pengunjung bisa menunggu dengan membaca-baca buku yang telah disediakan disetiap meja.

Membaca buku diantara sepoi-sepoi angin dan bunyi cenggaret yang saling bersahutan, membuat suasana lebih hidup dan nyaman. # Tribunnews