JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Tergusur Taman Kuliner,  Gedung Biosop Indra di Jogja Kini Tinggal Kenangan

Ilustrasi/Tribunnews

JOGJA – Bioskop Indra yang cukup legendaris di Kota Jogja, kini tinggal kenangan. Hal itu seiring dengan kebijakan pemerintah setempat yang akan membangun taman kuliner di kawasan tersebut.

Bahkan, proses pembersihan lahan di eks Gedung Bioskop Indra ditargetkan selesai pekan ini. ahkan kemungkinan pada hari Rabu, (4/3/2018) pelaksana proyek tersebut akan mulai membangun pondasi Taman Kuliner yang rencananya terletak di sebelah barat Sentra Pedagang Kaki Lima (PKL).

Hal itu dilakukan karena Pemerintah Daerah (Pemda) menargetkan Sentra PKL tersebut rampung akhir tahun ini.

Menurut pantauan di lapangan, satu unit backhoe ukuran besar dan 2 backhoe ukuran kecil tampak sedang memindahkan puing-puing bangunan eks Bioskop Indra. Beberapa truk juga terparkir di lahan yang berada di utara Gedung Agung tersebut guna selanjutnya digunakan mengangkut puing-puing bangunan yang diruntuhkan beberapa hari lalu ke tempat yang telah ditentukan pelaksana proyek.

Baca Juga :  Puskesmas Gedongtengen dan Wirobrajan Ditutup karena Sejumlah Nakes Dinyatakan Positif Covid-19

Febrian Widhi (26), selaku staff pelaksana proyek pembangunan Sentra PKL di lahan eks Bioskop Indra mengatakan, apabila sekitar 90 persen proses pembersihan lahan telah selesai.

Ia mengungkapkan, setelah proses pembersihan puing-puing bangunan rampung akan dilanjutkan pada tahapan selanjutnya.

“Ini hari terakhir pembersihan, tinggal ngangkutin puing-puing bekas bangunan yang dirobohkan, dan secepatnya akan kami bersihkan. Setelah pembersihan, besok kemungkinan sudah dilakukan uitzet,” katanya saat ditemui di lokasi, Minggu (1/4/2018).

Perlu diketahui, uitzet adalah pengukuran ulang lapangan yang dilakukan pada tahap awal suatu pekerjaan terkait pembangunan pada bidang atau area tertentu.

Dilanjutkan Febrian, mengenai proses uitzet diperkirakan akan memakan waktu antara 1-2 hari. Setelah dilakukan uitzet makan akan dilakukan pembangunan pondasi bangunan. Kendati demikian, menurut pantauan, beberapa bangunan di sebelah selatan yang bersebelahan dengan sebuah pagar tampak belum diruntuhkan semuanya.

Baca Juga :  Bantu UMKM, Pemkot Yogya Tetapkan Jalur Sepeda Wisata

“Yang itu (bangunan dekat pagar) ke depannya akan diratakan tapi dengan sistem manual, karena kalau dekat pagar berisiko bisa merusak sebelahnya. Kemungkinan Rabu sudah mulai mengerjakan bagian pondasi, karena targetnya kan akhir tahun ini harus selesai,” ujarnya.

Untuk sentra PKL tersebut nantinya memiliki 3 lantai, sebuah basement dan terdapat pula Taman Kuliner di baguan belakangnya. Tiga lantai tersebut meliputi lantai dasar, lantai 1 dan lantai 2 dimana setiap lantai memiliki fungsi berbeda.

Disinggung mengenai bagian mana dulu yang akan dibangun, pihaknya menilai bahwa akan memfokuskan pembangunan Taman Kuliner terlebih dulu. Diakuinya, bahwa pemilihan Taman Kuliner sebagai prioritas pembangunan bukan tanpa alasan.

 

“Rencananya bagian belakang dulu yang dibangun, karena kalau bagian depan dulu kan akses masuk materialnya jadi susah nanti. Jadi rencananya Taman Kuliner dulu, baru lanjut gedung utama,” ucapnya.

www.tribunnews.com