JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

UNBK SMP Hari Pertama di Sragen Diwarnai Server Ngadat. Sejumlah Sekolah dan Siswa Sempat Panik

Ilustrasi UN. Foto/Tribunnews
Ilustrasi UN SMP. Foto/Tribunnews

SRAGEN – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/MTs di Sragen sempat mengalami ganguan pada sesi pertama pagi hari. Server jaringan komputer sempat ngadat dan tak bosa diakses sehingga peserta ujian mengalami kesulitan saat hendak login masuk untuk mengerjakan soal.

Pihak sekolah dan siswa sempat panik lantaran login ke server gagal terus.

”Sempat ada gangguan server pusat, tapi Alhamdulillah sekitar jam 08.00 WIB sudah berjalan lancar, tapi jam 08.30 sudah lancar semua,” kata Ketua Ujian Nasional Tingkat SMP Kabupaten Sragen, Hadi Sutopo, Senin (23/4).

Baca Juga :  Baru Terungkap, Ustadz Muda Sragen Habib MA Yang Meninggal Terpapar Covid-19 Ternyata Punya Penyakit Penyerta Ini. Bupati Kaget Karena Mendiang Tidak Merokok, Warga Sebut Rajin Olahraga!

Hadi Sutopo menjelaskan, pihaknya memaklumi ada gangguan teknis pada hari pertama. Karena jumlah SMP/MTs jauh lebih banyak daripada SMA/SMK/MA.

”Doakan saja lancar dalam 4 hari ini, sampai kamis nanti terakhir,” ujarnya.

Hadi menguraikan ada sekitar 60 persen sekolah di Sragen sudah menggelar UNBK Mandiri atau sekitar 16 sekolah Negeri baik SMP ataupun MTs yang melaksanakan UNBK Mandiri. Artinya sekolah tersebut tidak menggabung ke sekolah terdekat untuk pelaksanaan UNBK.

Baca Juga :  Klaster Meluas 6 Pasien Positif Covid-19 Sragen Tulari 8 Orang, 2 Warga Positif Setelah Perjalanan dari Purwokerto dan Boyolali. Berikut Daftar 10 Pasien Positif dan 47 Sembuh Hari Ini!

Menurutnya, secara psikologis siswa yang sekolahnya menyelenggarakan UNBK secara mandiri akan lebih nyaman dan lebih siap.

Pelaksanaan UNBK di Kabupaten Sragen tersebut juga mendapat pengamanan dari kepolisian baik Polres atau Polsek yang berada di tiap kecamatan. Wardoyo