loading...

Ilustrasi/Tribunnews

Rutin meminum segelas jus tomat setiap hari dapat menguatkan sistem imun tubuh, melindungi diri dari penyakit kardiovaskular dan mengurangi kemungkinan kanker. Sudah besar khasiatnya, buah yang satu ini tidak sulit untuk dicari.

Di pasar maupun supermarket terdekat, buah kaya vitamin C ini bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Tomat, seperti buah pada umumnya, bisa disajikan dalam berbagai varian rupa. Selain acap jadi sayur yang menemani makanan berat, tomat juga nikmat diminum saat menjelma segelas jus.

Siapa sangka meminum jus tomat selama 2 bulan berturut-turut ternyata punya khasiatnya tersendiri. Pakar kesehatan salah satu Universitas di Taiwan membuktikan hal ini. Para peneliti melakukan eksperimen pada wanita dengan usia, berat, dan latar belakang yang berbeda.

Peserta eksperimen diwajibkan meminum jus tomat 250 ml dalam rentang 2 bulan, setiap harinya. Hasil eksperimen itu menunjukkan para peserta mengalami penurunan berat badan secara drastis. Sebab meminum jus tomat secara rutin terbukti dapat mengkis timbunan lemak seseorang.

Tomat juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Selain itu lycopene – antioksidan pada tomat sangat bermanfaat untuk kesehatan. Rutin meminum segelas jus tomat setiap hari juga dapat menguatkan sistem imun tubuh, melindungi diri dari penyakit kardiovaskular dan mengurangi kemungkinan kanker.

Tomat juga terbukti ampuh mengatasi masalah pencernaan. Buah yang potasium, kalsium, karbohidrat, vitamin C, dan protein nabati ini juga dapat mencegah penyakit hati, paru-paru, pankreas, dan kandung kemih.

Loading...

Selain itu, tomat juga secara signifikan mengurangi batuk, mencegah anemia, dan mengurangi gejala rematik. Penelitian ini juga mengungkapkan betapa tomat baik untuk mengatasi kram otot.

www.tribunnews.com

Loading...