loading...


Ilustrasi/Tribunnews

Dalam pepatah, kita sering mendengar kata buah simalakama. Benarkah buah simalakama itu ada? Ternyata memang ada, dan buah simalakama itu memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh.

Buah simalakama adalah nama lain dari buah mahkota dewa (Phaleria macrocarpa). Di Indonesia, buah simalakama dikenal sebagai salah satu tanaman obat.

Konon, buah ini banyak tumbuh di daerah Sumatra. Karena dulunya masih menggunakan bahasa Melayu, jadinya sering disebut dengan buah simalakama, yang merupakan bahasa Malaysia untuk menyebutkan buah ini.

Nama lain buah Simalakama
Selain buah mahkota dewa dan simalakama, buah ini memiliki banyak nama lain.
Di Jawa, orang sering menyebutnya dengan nama makutadewa, makutamewo, makutoratu atau makurojo.

Baca Juga :  Ini Cara untuk Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget

Nama lain untuk menyebut buah ini adalah obat dewa, pau (obat pusaka), crown of god, dan boh anggota dewan.

Bentuk tanaman dan buah Simalakama
Tanaman atau pohon simalakama seringkali ditanam sebagai tanaman peneduh. Ukurannya tidak terlalu besar dengan tinggi sekitar 3 meter.

Buahnya berbentuk bulat berwarna merah menyala dengan diameter 3-6 cm. Daging buahnya berwarna putih dengan sedikit sabuk, seperti yang terdapat pada buah kelapa.
Bagian dalam buah simalakama, terdapat serabut seperti yang ada di buah kelapa
Bagian dalam buah simalakama, terdapat serabut seperti yang ada di buah kelapa (Creative Commons)

Baca Juga :  Ini Akibatnya Jika MSG atau Micin Dikonsumsi Berlebihan Sejak Usia Dini. Tidak Menyebabkan Bodoh Tetapi....

Buah ini memiliki kemampuan untuk berubah warna di masa pertumbuhannya. Dari yang awalnya berwarna hijau, berubah menjadi ungu, dan kemudian menjadi berwarna merah saat matang.

Khasiat buah Simalakama

Dalam buah simalakama terkandung beberapa zat aktif yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Seperti, zat alkaloid, saponin, falavonoid, dan polifenol.

Buah simalakama berkhasiat menghilangkan racun dalam tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sebagai antialergi (histamin), sebagai antiradang, dan mengurangi kadar risiko penyakit jantung koroner.

Meski memiliki manfaat tertentu, dalam pengolahannya kita perlu hati-hati. Sebab buah simalakama mengandung kadar racun yang tinggi.

Baca Juga :  Ini Cara untuk Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget

Racun yang terkandung dalam buah simalakama bisa menyebabkan sariawan di mulut. # Tribunnews

Loading...