Beranda Umum Nasional Ketua Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak Minta Namanya Dicoret dari Daftar 200...

Ketua Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak Minta Namanya Dicoret dari Daftar 200 Mubaligh Kemennag

48
BAGIKAN
 Ketua Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak. Foto: Tempo.co

Penetapan daftar 200 mubaligh oleh Kemenag masih menyisakan suara di masyarakat. Kali ini giliran Ketua Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak meminta namanya dicoret dari daftar 200 mubaligh Kemenag.

“Terus terang saya merasa diri saya tidak layak berada di dalam list tersebut,” kata Dahnil Minggu (20/5/2018).

Dahnil berterima kasih kepada pemerintah yang sudah memasukan namanya ke dalam daftar nama 200 mubaligh Kemenag, namun dirinya menyadari bahwa tingkat keilmuan dan kelayakannya masih jauh berada di bawah mubalig ataupun ulama lain untuk dimasukkan ke dalam daftar nama tersebut.

Kata Dahnil, masih banyak mubaligh dan ulama yang luar biasa pantas masuk di dalam daftar 200 mubaligh Kemenag itu. “Saya merasa tidak pantas, disandingkan dengan orang yang paham atas ilmu agama dan dimensi keimulan lainnya di dalam list tersebut,” ujarnya. “Saya merasa ganjil.”

Lanjut Dahnil, kebijakan yang telah diambil tersebut lebih baik dibatalkan. Namun, kata dia, jika pemerintah berkukuh untuk mempertahankan untuk terus merilis nama mubalig yang direkomendasikan Kemenag, “Saya meminta nama saya dianulir. Bukan karena saya menolak. Tapi, karena saya tidak layak sama sekali berada di dalam list tersebut.”

Baca Juga :  Jantungan, Pemudik Ini Tewas Meninggal di Pantai Baron

Menurut Dahnil, banyak ulama yang lebih layak masuk dalam daftar 200 mubaligh Kemenag, seperti Ustad Ali Hidayat dan ustad lainya yang luar biasa cerdas dan alim, tetapi tidak masuk. “Lebih baik dibatalkan dari pada menimbulkan sakwasangka dan memunculkan fitnah karena cenderung menimbulkan pecah belah di atara mubalig sendiri,” ujarnya.

www.tempo.co