loading...


Pembersihan sungai di Kecamatan Selogiri

WONOGIRI-Personil TNI dan Polri di Wonogiri terus mengajak masyarakat peduli lingkungan. Kali ini sasaran yang menjadi fokus kegiatan adalah pembersihan sungai Dam Pleret Dusun Kepatihan, Desa Kepatihan, Kecamatan Selogiri, Selasa (15/5/2018).

“Ada sekitar 80 personel yang dikerahkan dalam kegiatan ini. Selain dari TNI dan Polri, juga ada dari BPBD Wonogiri, relawan dan warga. kegiatan itu merupakan langkah untuk memotivasi masyarakat peduli akan kebersihan lingkungan. Apalagi persoalan sampah di aliran sungai menjadi salah satu fokus Pemerintah Kabupaten Wonogiri,” kata Danramil-02/Selogiri Kapten Inf Sunardi.

Baca Juga :  Tragis, Pencari Tawon Tewas Tersengat dan Jatuh Terpeleset Dari Pohon Kelapa

Pembersihan aliran sungai itu jelas dia, merupakan salah satu bentuk partisipasi TNI-Polri, BPBD dan relawan untuk mengajak masyarakat peduli pada lingkungan. Selain itu sebagai bentuk keprihatinan atas menumpuknya sampah di sungai Dam Pleret.

Seiring dengan itu pihaknya memasang patok talut di tempat mbah Sariyo di Dusun Kepatihan RT 2 RW 1 Desa Kepatihan Kecamatan Selogiri. Talut sepanjang 30 meter serta pembersihan sungai sepanjang 100 meter.

Baca Juga :  Taklukkan Gunung Merbabu, 17 Anggota Pramuka Saka Wira Kartika Wonogiri Butuh Waktu 2 Hari

“Sampah yang menumpuk dan batang bambu yang roboh wujud kurang pedulinya masyarakat dalam membuang sampah. Sehingga akan sangat mengganggu fungsi dari sungai yang berakibat daya tampung akan berkurang. Dampaknya riskan banjir bila musim hujan tiba,” terang dia. Aris Arianto

Loading...