loading...


Calon pembeli melihat sapi di sebuah peternakan

WONOGIRI-Jumlah sapi di Wonogiri yang diikutsertakan dalam program Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau (AUTS/K) di Wonogiri mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Data yang dihimpun dari Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislapernak) Wonogiri pada 2016 ada 128 sapi yang ikut asuransi. Jumlah tersebut meningkat pada 2017 dengan 219 ekor sapi.

“Klaim di 2017 sudah dibayarkan sebesar Rp 78.250.000,” kata Kepala Bidang Peternakan Dislapernak Wonogiri, Sutardi, Kamis (3/5/2018).

Baca Juga :  Unik. Operasi Zebra di Wonogiri, Petugas Malah Bagi-bagi Hadiah

Dia berharap, para peternak sapi memanfaatkan program yang menurut dia sangat menguntungkan. Sebab tujuan utamanya adalah melindungi peternak sapi. Program ini merupakan kerjasama PT Jasindo dan dana subsidi dari pemerintah.

Peternak, ujar dia, hanya membayar premi senilai Rp 40.000 per ekor dalam satu tahun. Biaya premi seharusnya Rp 200.000 per ekor dalam satu tahun.

“Karena  mendapat subsidi dari pemerintah sebesar Rp 160.000 per ekor dalam satu tahun,” kata dia.

Baca Juga :  Puluhan Pelajar SMAN Wuryantoro Wonogiri Digembleng di LDK

Program AUTS, kata dia, mengkaver beberapa kemungkinan. Di antaranya hilang karena dicuri atau mati karena penyakit, kecelakaan, dan beranak. Meski demikian, ada syarat yang harus dipenuhi oleh peternak. Seperti, sapi betina sehat, berumur satu tahun, produktif, dan memiliki identitas jelas.

“Nantinya, peternak akan mendapatkan ganti rugi Rp 10 juta per ekornya,” jelas dia. Aris Arianto

Loading...