loading...


Ilustrasi/Tribunnews

Para peneliti mengatakan bahwa aktivitas fisik pada umumnya tidak terlalu berpengaruh pada kesuburan. Tapi mereka percaya bahwa berjalan dapat membantu wanita gemuk khususnya untuk meningkatkan peluang kehamilan.

Memang belum ada penelitian yang menunjukkan lebih jelas hubungan antar manfaat aktivitas fisik seperti jalan kaki dan kemungkinan seorang wanita untuk hamil.

Tapi buat yang pernah mengalami keguguran sebelumnya, sebuah studi terbaru menjelaskan bahwa berjalan sebenarnya bisa membantu. Seorang wanita yang mengalami obesitas atau memiliki berat badan berlebih, memiliki risiko tinggi untuk terkena sindrom ovarium polikistik (PCOS atau prediabetic).

Sindrom ini mengganggu kesimbangan hormon dan bisa menyebabkan infertilitas dan keguguran dini. Sinyal insulin yang terganggu bisa menyebabkan ovarium mersepon secara berbeda terhadap sinyal hormonal.

Baca Juga :  Jika Tubuh Capai, Jangan Paksakan Berolah Raga, Ini Beberapa Risikonya

Respon ovarium ini akan mempengaruhi proses ovulasi atau tingkat progesteron.  Hal ini merupakan faktor utama penyebab keguguran pada wanita gemuk. Sebuah penelitian terbaru dilakukan oleh Lindsey Russo, seorang spesialis ilmu kesehatan di University of Massachusetss pada 1.214 orang perempuan.

Penelitian yang dilakukannya adalah untuk mencari keterkaitan manfaat jalan kaki dengan meningkatkan peluang kehamilan bagi seorang wanita yang memiliki berat badan berlebih. Hasilnya tidak ada hubungan menyeluruh antara aktivitas dengan tingkat kemungkinan untuk hamil.

Baca Juga :  Ini Daftar Kosmetik Ilegal dan Berbahaya. Beberapa Artis Di-endorse Merk-merk Produk Kosmetik Oplosan Tersebut

Penelitian yang mereka lakukan adalah untuk menambah referensi bukti ilmmiah tentang manfaat olahraga khususnya berjalan. Olahraga teratur dengan intensitas sedang seperti jalan kaki memiliki manfaat besar buat populasi wanita di seluruh dunia.

Hubungan antara berjalan kaki dengan kemampuan untuk hamil bervariasi setelah dilakukan penelitian terhadap 1.214 orang perempuan tersebut.  Hasilnya bergantung pada massa indeks tubuh mereka, ungkap sang peneliti.

Di antara semua peserta, bagi peserta wanita yang memiliki berat badan berlebih, dengan berjalan setidaknya 10 menit diketahui memiliki peluang yang lebih besar untuk hamil. Poinnya adalah olahraga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh baik secara internal dan eksternal.

Baca Juga :  Masih Banyak Yang Percaya Biopsi Malah Bisa Perparah Tumor, Tapi Ini Kata Dokter

Jalan kaki direkomendasikan buat wanita yang memiliki berat badan berlebih untuk meningkatkan peluang kehamilan.  

www.tribunnews.com

Loading...