loading...


Ilustrasi lowongan perangkat desa

SRAGEN- Sebanyak 192 desa di Kabupaten Sragen dipastikan akan membuka lowongan perangkat desa baik diisi lewat mutasi maupun penjaringan (pengisian). Untuk penjaringan atau pengisian tahapan sudah dimulai 30 Mei lalu dan pendaftaran akan dibuka mulai 26 Juni- 6 Juli.

Kabag Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Sragen,  Suhariyanto mengungkapkan untuk pengisian perangkat desa, sejauh ini memang sudah ada 192 desa yang mengajukan izin ke bupati.

Pengisian perdes dengan penjaringan dilakukan untuk desa yang ada kekosongan perangkat dan tidak terisi pasca mutasi beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  Tragis, Tertimpa Sempalan Seng Baliho, 2 Ibu Pengendara Motor di Sragen Jatuh Terkapar Berlumuran Darah 

“Yang sudah mengajukan izin ke bupati ada 192 desa, ” paparnya Minggu (10/6/2018).

Ia menjelaskan untuk penjaringan, nantinya pelamar tidak boleh tunggal. Jika hanya ada satu pelamar maka pendaftaran akan diperpanjang 7 hari.

Jika sampai penutupan perpanjangan juga tidak terpenuhi jumlah minimal dua peserta,  maka penjaringan dibatalkan.

Terkait pelaksanaan, nantinya akan dibentuk panitia desa.  Unsurnya dari perangkat,  lembaga kemasyarakatan desa bisa diambil dari RT, RW,  LP2MD tapi tidak BPD.

Baca Juga :  Lokasi Kecelakaan Pikap Maut Tewaskan 2 Orang di Tol Sragen Hanya  Berjarak 2 KM dari Titik Peresmian Presiden Jokowi

“Bisa ditambah dari tokoh masyarakat yang menguasai bidang pendidikan dan pemerintahan. Jumlah anggota di kepanitiaan disesuaikan dengan kebutuhan penjaringan masing-masing desa, ” tukasnya.

Untuk penjaringan, tesnya meliputi uji kompetensi yang digelar oleh pihak ketiga. Baik tes tertulis maupun kemampuan dasar termasuk kemampuan komputer.

Pelaksanaan seleksi dijadwalkan 6 Agustus dan pengumuman hasil seleksi tanggal 8 Agustus. Wardoyo

Loading...